Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad memberikan bantuan ke perangkat RT/RW, Posyandu serta Transportasi Laut Siswa se-Kabupaten Bintan.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan untuk RT/RW Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (30/5/2022). Penyerahan bantuan tersebut juga disejalankan dengan penyerahan bantuan Operasional Posyandu dan bantuan Transportasi Laut Siswa serta penyerahan apresiasi kepada sekolah berprestasi di Kabupaten Bintan.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada RT/RW, Posyandu serta Transportasi Laut Siswa di Kabupaten Bintan.

Gubernur mengatakan, RT/RW menjadi unit masyarakat tingkat terkecil di lingkungan yang harus menjadi perhatian dari pemerintah. Pembinaan kepada masyarakat melalui tingkatan RT dan RW dapat mempermudah langkah pemerintah menjalankan program kerja unyuk masyarakat.

“Kita mengapresiasi karena RT/RW juga sukses dalam membina masyarakat di Kepri selama pandemi, RT/RW secara langsung menggerakkan masyarakat untuk divaksin sehingga pandemi Covid-19 di Kepri bisa kita atasi dengan baik,” ungkap Bupati Bintan dua periode itu.

Pemberian bantuan sebesar Rp1,2 juta ke setiap RT/RW di Bintan ini sekaligus menjadi pengganti dari rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua yang belum dapat direalisasikan.

Mantan Anggota DPR RI tersebut mengungkapkan telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan tersebut, namun terganjal perihal mobilisasi aset.

“RT dan RW itu kan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya, yang juga beresiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain,” tegas Ansar.

Terkait bantuan operasional Posyandu, orang nomor satu di Provinsi Kepri itu menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengandalkan Posyandu untuk menjadi garda terdepan untuk memberikan pelayanan dasar di masyarakat.

Melalui bantuan operasional sebesar Rp5 juta ini, Gubernur terus mendorong Posyandu untuk lebih aktif lagi dalam meningkatkan kualitas kesegatan di masyarakat.

“Posyandu itu penting, kalau Posyandu berdaya maka tugas puskesmas tugas rumah sakit akan berkurang. Kita membiayai infrastruktur kesehatan bukan untuk orang sakit, tetapi program penting kita agar orang jangan sampai sakit,” tambah Gubernur Ansar.

Kabupaten Bintan yang juga memiliki banya sekolah di daerah pesisir pun turut mendapatkan bantuan transportasi laut untuk siswa dan siswi dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Sekolah yang mendapat bantuan transportasi laut antara lain SMA Negeri 1 Mantang, SMA Negeri 1 Bintan Pesisir, dan SMA Negeri 2 Bintan Pesisir.

“Bantuan ini kita berikan untuk mengurangi beban masyarakat bagi anak-anak yang membutuhkan bantuan transportasi dari rumah ke sekolah karena harus menyebrangi laut, dan ini kita berikan ke seluruh Provinsi Kepri,” ucap Ansar.

Terakhir sebagai dukungan untuk program pemerintah pusat yang memulai Analog Switch Off (ASO) atau dimatikannya siaran Tv analog di Kepri, Gubernur juga menyerahkan bantuan Set Top Box kepada masyarakat kurang mampu yang bisa mereka gunakan untuk mendapatkan siaran televisi digital.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Plt. Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Rizky Faisal, Anggota DPRD Kepri Kamarudin Ali, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buntan Agus Hartanto, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb. A. Donie P, Kajari Bintan I Wayan Riana, Dandim 0315 Tanjungpinang Kol. Inf. Tommy Anderson, Sekdakab Bintan Kartini, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kepri.

Editor: HER