Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada perangkat RT/RW, Posyandu dan transportasi laut pelajar di Kabupaten Lingga.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada perangkat RT/RW, Posyandu dan transportasi laut pelajar serta penyerahan apresiasi kepada pelajar berprestasi di Kabupaten Lingga, Rabu (25/5/2022).

Lingga menjadi kabupaten kedua di Kepri yang disambangi Gubernur Ansar setelah Karimun dalam agenda yang sama. Bantuan yang diberikan totalnya Rp2,2 miliar.

Ansar mengatakan, apresiasi dan penghargaan kepada RT/RW yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Daerah Provinsi dalam menyampaikan setiap kegiatan atau program pembangunan.

Seperti halnya di Karimun, Gubernur juga meminta maaf karena rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua belum terealisasi. Hal tersebut terganjal masalah mobilisasi aset.

“RT dan RW ini kan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah, yang juga beresiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum,” kata Ansar.

Total bantuan yang diserahkan Gubernur kepada RT se-Kabupaten Lingga sebanyak Rp928 juta kepada 774 orang. Masing-masing menerima Rp1,2 juta, sedangkan bantuan kepada RW sebanyak Rp381 juta kepada 318 orang, masing-masing juga menerima Rp1,2 juta.

Kemudian terkait bantuan operasional posyandu, Gubernur mengatakan keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

“Imunisasi dasar lengkap wajib diberikan kepada anak, karena lebih baik kita melakukan usaha pencegahan daripada pengobatan jika terkena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” ujar Gubernur.

Sebanyak 73 posyandu yang mendapat bantuan operasional, masing-masing mendapat Rp5 juta dengan total Rp365 juta. Dengan bantuan tersebut Gubernur berharap semua posyandu dapat kembali berdaya sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat.

“Kalau posyandu berdaya, maka tugas puskesmas dan rumah sakit akan berkurang. Karena mulai dari ibu hamil, balita, lansia, serta nantinya juga remaja pemeriksaan awalnya ada di posyandu,” tambah Ansar.

Pada kesempatan ini, Bupati Bintan dua periode itu juga menyerahkan bantuan transportasi laut kepada pelajar dengan anggaran sebesar Rp582 juta. Riinciannya, SMAN 1 Senayang sebesar Rp97,2 juta, SMAN 2 Senayang, Kecamatan Katang Bedare sebesar Rp25,2 juta, SMAN 3 Senayang, Kecamatan Bakung Serumpun  sebesar Rp237,9 juta, SMAN 4 Senayang, Kecamatan Temiang Pesisir sebesar Rp56,3 juta, SMAN 1 Lingga Utara, Kecamatan Lingga Utara sebesar Rp83,1 juta, dan SMAN 3 Lingga, Kecamatan Selayar sebesar Rp21,6 juta.

Bantuan terhadap RT/RW dan operasional Posyandu nantinya akan dikoordinir oleh Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Kepri. Sedangkan bantuan transportasi laut bagi siswa akan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Anggota DPRD Kepri Kamarudin Ali, Staf Khusus Gubernur Syarafudin Aluan dan Nazaruddin, Sekdakab Lingga Syamsudi, Plt. Kaban Kesbangpol Lamidi, Kadis Pendidikan Andi Agung.

Kadis PMD Dukcapil Misni, Kadispora Muhamad Iksan, Kadis Perkim Said Nurdyahdu, Kabiro Adpim Dody Sepka Noviandy, Camat, RT/RW, Kader Posyandu, Kepala Sekolah,  dan tokoh masyarakat Kabupaten Lingga.

Editor: HER