Manchester City harus puas membawa pulang satu poin dari markas West Ham usai seri 2-2. Hasil itu diwarnai kegagalan Riyad Mahrez mengonversi hadiah penalti.

Duel West Ham vs Man City digelar di Stadion London, Minggu (15/5/2022) malam WIB. The Citizens kepayahan usai tertinggal dua gol lebih dulu di babak pertama usai kemasukan sepasang gol Jarrod Bowen.

Man City baru bisa mencetak gol balasan di awal babak kedua melalui Jack Grealish, lalu diuntungkan dengan gol bunuh diri Vladimir Coufal. Pasukan Pep Guardiola itu berpotensi memenangi pertandingan saat wasit menghadiahi penalti, buntut pelanggaran Craig Dowson pada lima menit terakhir. Akan tetapi Mahrez yang tampil sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya usai sepakannya berhasil ditepis.

Dengan demikian, Manchester City masih bercokol di puncak klasemen usai mengoleksi 90 poin dari 37 pertandingan. Si Biru Langit unggul empat poin dari Liverpool, yang baru akan bertanding pada Rabu (18/5) dinihari WIB. Sementara itu West Ham bertengger di posisi ketujuh dengan perolehan 56 poin, jarak dua poin dari Manchester United di atasnya.

Jalannya Pertandingan

West Ham nyaris mengejutkan Manchester City menit ketiga. Dari sepak pojok, Craig Dawson menyambut bola dengan sundulan yang ditangkis Ederson.

Man City selanjutnya mendominasi penguasaan bola. Peluang pertama City terlahir di menit ke-23 setelah sapuan lini belakang West Ham bergulir ke arah Fernandinho meski penyelesaiannya masih melambung.

Hanya semenit berikutnya, West Ham membuka keunggulan! Jarrod Bowen membawa West Ham memimpin 1-0.

Dari tendangan gawang, Pablo Fornals menyundul bola ke depan yang diterima Bowen. Dia mengecoh Ederson sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke gawang yang kosong.

Selanjutnya upaya-upaya Man City bisa dimentahkan. Tembakan Rodri dan Zinchenko meleset. Kemudian sepakan Gabriel Jesus hasil menerima umpan Zinchenko diblok sebelum bola rebound ditangkap Lukasz Fabianski.

Pelanggaran Coufal terhadap Jack Grealish di sisi kiri kotak penalti West Ham membuat Man City dihadiahi tendangan bebas. Eksekusi Kevin de Bruyne melewati pagar hidup tim tuan rumah tapi Fabianski masih mampu menangkap bola.

Gol! West Ham mencetak gol kedua di menit ke-45. Bowen kembali menggetarkan gawang Man City untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Kerja sama Soucek dengan Antonio membebaskan Bowen di depan. Bowen menuntaskan dengan sepakan mendatar yang menerobos sela-sela kaki Fernandinho sebelum menaklukkan penjagaan Ederson.

Man City langsung menciptakan gol balasan di awal babak kedua. Jack Grealish mengukir namanya di papan skor di menit ke-49 untuk mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Dari sepak pojok, Zinchenko melepaskan umpan ke depan yang disapu bek West Ham. Bola jatuh di jalur Grealish yang diselesaikan dengan tendangan voli.

Di menit ke-65, West Ham membuang peluang emas mencetak gol ketiga. Fernandinho melakukan blunder dengan backpas yang buruk sehingga bola bisa dikuasai Michail Antonio. Ederson maju ke depan dengan maksud menutup pergerakannya, namun tembakan Antonio ke arah gawang yang kosong malah melebar.

Gol! Man City menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-69. City diuntungkan oleh gol bunuh diri Vladimir Coufal. Pemain Ceko tersebut menyundul crossing Riyad Mahrez lalu bola masuk ke gawangnya sendiri.

Rodri mencoba peruntungannya dengan melakukan tendangan dari jarak jauh, meski tidak menyulitkan Fabianski. Setelahnya Bowen mengancam gawang City setelah tendangannya dari jarak dekat mengenai Fernandinho sehingga bola berbelok arah.

Man City mendapatkan hadiah penalti setelah pelanggaran Dawson terhadap Gabriel Jesus. Mahrez maju sebagai eksekutor lalu melepaskan tembakan 12 pas ke arah kiri Fabianski yang bisa diselamatkan! Skor tetap 2-2, yang bertahan sampai pertandingan selesai.

 

Susunan Pemain

WEST HAM: Fabianski, Cresswell, Dawson, Coufal, Zouma, Lanzini (Noble 77′), Soucek, Rice, Pablo Fornals, Antonio (Yarmolenko 90+4′), Bowen

MANCHESTER CITY: Ederson, Cancelo, Laporte, Fernandinho, De Bruyne, Grealish, Zinchenko, Bernardo Silva, Rodri, Mahrez, Gabriel Jesus

Editor: ARON

Sumber: detikbola