Columbia University mengumumkan daftar pemenang Pulitzer Prize dari kategori junalisme hingga penghargaan khusus kutipan spesial untuk pers Ukraina.
Penghargaan Pulitzer untuk foto-foto feature dimenangkan oleh sejumlah fotografer Reuters.

Penghargaan untuk kategori jurnalisme terbagi dalam 15 sub-kategori dengan masing-masing pemenang. Sub-kategori itu antara lain reportase pelayanan publik yang dimenangkan oleh The Washington Post, laporan Breaking News (wartawan the Miami Herald), laporan Investigasi (Corey G. Johnson, Rebecca Woolington dan Eli Murray dari the Tampa Bay Times), termasuk laporan Explanatory (Staf Quanta Magazine, New York, N.Y., terutama Natalie Wolchover).

Media dan pemberitaan lainnya yang menang antara lain, laporan kolaborasi antara Madison Hopkins of the Better Government Association dan Chicago Tribune untuk kategori reportase lokal.

The New York Times juga berhasil memenangkan Pulitzer Prize untuk sub-kategori reportase nasional sekaligus reportase internasional.

Penulis The Athlantic, Jennifer Senior juga berhasil menyabet penghargaan Pulitzer untuk sub-kategori tulisan feature.

Pemenang lainnya yaitu, Melinda Hanneberger dari The Kansas City Star (komentar); Salamishah Tillet dari The New York Times (kritikus); Lisa Falkenberg, Michael Lindenberger, Joe Holley dan Luis Carrasco dari the Houston Chronicle (penulisan editorial); dan Fahmida Azim, Anthony Del Col, Josh Adams and Walt Hickey dari Insider New York (komentar dan laporan berilustrasi).

Sementara untuk fotografi berita breaking news dimenangkan oleh Marcus Yam dari Los Angeles Times. Sejumlah jurnalis foto dari Reuters yaitu, Adnan Abidi, Sanna Irshad Mattoo, dan Amit Dave serta mendiang Danish Siddiqui juga memenangkan sub-kategori foto feature.

Penghargaan khusus diberikan pula kepada para jurnalis Ukraina dalam kategori kutipan khusus atas laporan mereka di negaranya yang tengah mengalami invasi Rusia.

Berikut penerima penghargaan Pulitzer di kategori lain:
Buku Fiksi: “The Netanyahus: An Account of a Minor and Ultimately Even Negligible Episode in the History of a Very Famous Family,” oleh Joshua Cohen (New York Review Books)

Buku Drama: “Fat Ham,” oleh James Ijames

Buku Sejarah: “Covered with Night: A Story of Murder and Indigenous Justice in Early America,” oleh Nicole Eustace (Liveright/Norton)

Buku Biografi: “Chasing Me to My Grave: An Artist’s Memoir of the Jim Crow South,” oleh the late Winfred Rembert as told to Erin I. Kelly (Bloomsbury)

Puisi: “frank: sonnets,” oleh Diane Seuss (Graywolf Press)

Buku Umum Nonfiksi: “Invisible Child: Poverty, Survival & Hope in an American City,” oleh Andrea Elliott (Random House)

Musik: “Voiceless Mass,” oleh Raven Chacon

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia