Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad berkunjung ke sejumlah rumah orang tua atau tokoh senior masyarakat Kepri di Tanjungpinang di Hari Raya Idul Fitri, Selasa (3/5/2022). Diantara orang tua dan tokoh masyarakat yang dikunjunginya adalah H. Idris Siraj dan H. Bakir.

Tampak dalam safari silaturahminya ke kediaman tokoh masyarakat, H. Ansar Ahmad didampingi oleh istrinya yang juga Wakil Ketua DPRD Kepri dan Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Menurut Gubernur, sudah seharusnya dalam ajaran Islam adab bersilaturahmi yakni yang lebih muda berkunjung kepada yang dituakan. Bersilaturahmi tidak dilihat dari adanya salah ataupun tidak, namun dilihat dari adab yang harus diperhatikan.

“Dari kecil kita selalu diajarkan budi pekerti oleh orang tua, diajarkan tentang sopan santun. Bagaimana kita menghormati orang-orang yang lebih tua,” kata Ansar di sela safari silaturahminya.

Suasana Idul Fitri, kata mantan anggota DPR RI tersebut, adalah momen untuk saling bersilaturahmi. Silaturahmi untuk menggugurkan dosa-dosa sesama manusia, atau hablumminanas.

“Di hari kemenangan ini kita harus mampu melawan hawa nafsu dan amarah kita. Itulah kemenangan yang sesungguhnya. Karena hakekat kemenangan itu bukan tentang siapa mengalahkan siapa, tapi bagaimana kita mampu mengalahkan diri kita sendiri,” ujarnya.

Kepada para tokoh masyarakat yang dikunjungi, Ansar mengaku mereka adalah tokoh masyarakat Kepri yang secara langsung maupun tidak telah menginspirasi dirinya dalam berpolitik dan memimpin Kepri.

“Mereka adalah orang-orang hebat yang punya pengaruh cukup besar bagi Kepulauan Riau. Kita berdoa untuk mereka agar senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang. Nasihat-nasihat beliau selalu kita butuhkan,” ungkap Bupati Bintan dua periode itu.

Editor: DWIK