Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mengumumkan pemenang lelang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam baik di hulu maupun hilir, Kamis (21/4/2022) lalu.

Konsorsium Moya Indonesia dan PP Persero menjadi pemenang untuk dua kategori ini.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan pengumuman pemenang bisa dilihat di laman website bpbatam.go.id.

“Pemenang SPAM sudah diumumkan di website kami,” katanya saat dihubungi, Senin (25/4/2022).

Nama Moya dan PP muncul sebagai pemenang penyelenggaraan operasi dan pemeliharaan SPAM Hulu.

Berdasarkan hasil evaluasi BP Batam, Moya dan PP mendapat nilai 95,70.

Dalam surat pengumuman bernomor PQ-HULU/75/4/2022 tersebut, harga jual air curah yang ditawarkan Moya sebesar Rp 1.429 per meter kubik.

Sementara tarif jasa pengoperasian waduk, bendungan dan bangunan pelengkap dan stasiun pompa transfer air baku senilai Rp 245 per meter kubik.

Lalu, untuk di sektor hilir, Moya dan PP Persero menjadi pememang dengan nilai 96,92. Harga jual air minum yang ditawarkan yakni Rp 887,2 per meter kubik.

Selanjutnya, PAM Lyonnaise Jaya di peringkat kedua dengan nilai 86,69. Harga jual air minum sebesar Rp 974 per meter kubik.

Sementara, Konsorsium Krakatau Tirta Industri-Perusahaan Umum Jasa Tirta II-PT Adaro Tirta Mandiri-PT Strivechem Indonesia dengan nilai 80,17. Harga jual air minum yang ditawarkan sebesar Rp 945 per meter kubik.

BP Batam masih membuka masa sanggah kepada para peserta lainnya yang berkeberatan atas pengumuman ini. Masa sanggah terhitung dari 22 April 2022 hingga 28 April 2022 Pukul 15.30 WIB.

Pemenang lelang SPAM Batam akan diberikan hak mengelola hulu dan hilir pengelolaan air di Batam selama 15 tahun. Sementara mengenai tugas di masing-masing sektor, pengelolaan di hulu dimulai dari daerah tangkapan air (DTA), waduk, hingga instalasi pengolahan air (IPA).

Sedangkan hilir dari Non Revenue Water (NRW), distribusi air bersih hingga pelayanan.

Secara keseluruhan, proses lelang akan selesai pada 30 Juni mendatang. Tahapan pada tanggal tersebut, sudah masuk pada penandatanganan kontrak kerja sama, dan diharapkan pada awal Juli, pemenang sudah bisa mulai beroperasi.

Editor: WIL