Seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah, arus penumpang di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur masih normal.

Kepala Satuan Kerja Terminal Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Suherman, mengatakan dari prediksi pihaknya memperkirakan bahwa lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 jelang Idul Fitri.

“Melihat suasana saat ini sih masih normal. Memang iya yang berangkat saat ini, bukan hanya untuk perjalanan biasa saja. Mayoritas pada mau mudik, tapi kayaknya lonjakan akan terjadi di H-3,” terangnya saat ditemui di Pelabuhan Telaga Punggur, Senin (25/4/2022).

Walau demikian, hingga saat ini pihaknya menghitung jumlah penumpang perharinya 1500 orang.

“Kemarin ada peningkatan karena weekend aja, jumlah penumpang saat weekend bisa mencapai 2000-an penumpang. Paling banyak tujuan Tanjung Pinang,” lanjutnya.

Upaya menghadapi lonjakkan penumpang, pihaknya juga telah melakukan serangkaian persiapan, mulai dari keamanan, posko hingga penambahan kapal cadangan.

Hal ini dikarenakan bahwa aturan mudik sudah kembali dilonggarkan, apabila dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

“Apalagi inikan tahun pertama setelah 2 tahun lalu dilarang mudik. Persiapan khusus kita koordiansi dengan pihak keamanan dan sediakan pos terpadu untuk mengakomodir angkutan jelang lebaran ini,” katanya.

Sementara itu, lanjut dia, terkait penambahan kapal, pihaknya mempersiapkan cadangan kapal untuk tujuan Tanjung Pinang.

Sementara tujuan Lingga dan Anambas tidak ada penambahan kapal.

“Penumpang terbanyak itu Tanjung Pinang,” kata Suherman.

Untuk persyaratan perjalanan, Suherman mengingatkan mengenai Surat Edaran (SE), yang dikeluarkan oleh Gubernur Kepri yakni mengenai aturan vaksin dosis ketiga atau booster.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan booster, pihaknya akan menyediakan tempat untuk vaksin booster mulai besok.

“Kita bersama Dinas Kesehatan sediakan tempat booster di lantai dua besok. Jadi kalau mau booster bisa langsung,” ujarnya.

Editor: WIL