Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau.

Rencana tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Bambang Soesatyo yang juga Ketua MPR RI itu dalam rapat koordinasi percepatan pembangunnan sirkuit F1 BIC di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

GM Gallant Venture Frans Gunara mengatakan, tahapan demi tahapan progres pembangunan sirkut F1 BIC terus digesa bersama pihak-pihak yang terlibat langsung. Terutama dalam menentukan rencana site plan maupun design sircuit serta model bisnis yang akan di kembangkan nantinya.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad sangat mendukung rencana ini dengan menyiapkan kemudahan regulasi maupun pelayanan perizinan yang dibutuhkan.

Ansar berharap pembangunan sirkuit F1 BIC ini akan menambah kepercayaan publik, khususnya investor untuk dapat menanamkan investasinya di Kepulauan Riau.

“Kita berharap, kedepannya jumlah kunjungan wisatawan asing dengan hadirnya sirkuit ini akan memberikan multiplayer efek ekonomi dalam percepatan pemulihan ekonomi,” kata Bupati Bintan dua periode itu.

Hadir dalam kesempatan ini GM Gallant Venture Frans Gunara, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Ketua IMI Bambang Soesatyo serta jajaran pengurus, termasuk hadir juga Pembina IMI Tinton Suprapto.

Terkait siteplan dari rencana sirkuit F1 BIC, telah dipresentasikan rencana persiapannya oleh Konsultan Populous dari Inggris, Mr Andrew. Ini merupakan konsultan internasional yang telah banyak merancang arena motorsport.

Editor: ARON