Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad didampingi jajaran staf khusus dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri melakukan safari Ramadhan di Perumahan Bukit Indah Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Batam, Selasa (12/4/2022).

Gubernur menyampaikan bahwa masjid merupakan jantungnya umat Islam. Tidak hanya menjadi tempat ibadah sebagai fungsi utamanya, tetapi juga sebagai tempat mendidik kader, tempat menimba ilmu, tempat membangun ukhuwah dan sebagainya.

Memakmurkan masjid-masjid merupakan tugas seluruh umat Islam. Tahun ini Pemerintah Provinsi Kepri sendiri sudah menggulirkan dana hibah untuk memakmurkan rumah ibadah yang ada di seluruh Kepri sebesar Rp78 miliar.

“Kita semua, sebagai umat muslim, punya tugas masing-masing untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Karena masjid adalah jantungnya umat, maka kitalah yang bertanggungjawab untuk merawat, mempercantik dan memakmurkannya,” kata Bupati Bintan dua periode itu.

Tidak ketinggalan, dalam momen ini, selaku pemegang kebijakan di Pemerintahan Provinsi Kepri, Ansar juga menyampaikan terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau. Dalam upaya pemulihan ekonomi di Kepri, sektor UMKM adalah sektor vital yang perlu diperhatikan.

Selama pandemi, tambah mantan Anggota DPR RI itu, banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tak bisa survive. Adapun pasca pandemi, para pelaku UMKM mencoba untuk merintis kembali usahanya. Hanya saja tak jarang yang mengeluh karena keterbatasan modal.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri telah menggulirkan program pinjaman lunak bagi pelaku UMKM dengan bunga 0 persen. Bunga pinjamannya disubsidi sepenuhnya oleh pemerintah,” ucap Ansar.

Gubernur berharap, program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang benar-benar ingin merintis usahanya kembali pasca pandemi. Kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri memberi subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM tersebut merupakan langkah upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

“Banyak langkah-langkah yang kita lakukan untuk pemulihan ekonomi Kepri dan sektor UMKM ini menjadi salah satunya,” ujarnya.

Adapun soal pembangunan infrastruktur, Ansar juga menyampaikan jika Pemerintah Provinsi Kepri sedang menggesa beberapa program pembangunan. Salah satunya di Kota Batam seperti pembangunan sarana pendidikan SMA/SMK, pembangunan jalan Simpang Frengki, pembangunan Jembatan Batam-Bintan sebagai new engine-nya perekonomi masyarakat Batam dan masyarakat Bintan.

“Untuk ini semua Pemerintah Provinsi Kepri butuh kolaborasi seluruh masyarakat Kepri tanpa terkecuali. Begitu juga Pemerintah Kabupaten dan Kota agar bersinergi, punya semangat yang in line, pinta Gubernur.

“Tidak hanya menurunkan kebijakan-kebijakan Pemprov Kepri, tapi juga menurunkan kebijakan pemerintah pusat. Insya Allah jika kita kompak dan bersatupadu, pemulihan ekonomi di Kepri bisa segera kita wujudkan,” pungkas Ansar.

Editor: HER