Untuk menurunkan berat badan, kebanyakan orang fokus pada apa yang dimakan, tapi luput dengan yang diminum. Padahal, minum juga dapat mempengaruhi berat badan. Terdapat sejumlah kebiasaan minum yang bisa menurunkan berat badan.

Kebiasaan minum tertentu dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan ideal. Sebaliknya, kebiasan minum yang buruk justru dapat membuat berat badan naik.

Studi di Amerika Serikat menunjukkan orang dewasa minum 425 kalori dan anak-anak minum 474 kalori per hari. Jumlah ini sama dengan sekitar 20 persen dari kalori harian dan bisa meningkatkan berat badan.

5 Bahan Makanan yang Bisa Gagalkan Penurunan Berat Badan
Berikut kebiasaan minum yang bisa menurunkan berat badan:

1. Minum air putih sepanjang hari
Air putih merupakan cairan terbaik untuk membantu menjaga hidrasi tubuh dan juga menurunkan berat badan. Dikutip dari Eat This, minum air putih juga membantu mengontrol berat badan.

Setiap orang direkomendasikan utnuk minum air putih hingga 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Jumlah ini bisa dibagi pada saat bangun tidur, sarapan, snack pagi, makan siang, snack siang, sore hari, makan malam, dan sebelum tidur.

2. Tidak minum soda
Hindari konsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda tinggi gula dan kalori yang dapat meningkatkan berat badan dan menggagalkan diet. Satu kaleng cola ukuran sedang misalnya bisa mengandung 140 kalori.

3. Tidak minum minuman berpemanis
Hindari pula godaan minum minuman berpemanis seperti jus yang ditambahkan gula, minuman kemasan, dan sebagainya. Kandungan gula dalam minuman dapat meningkatkan berat badan. Kandungan ini juga membuat Anda akan lebih mudah lapar dibandingkan dengan minum air putih.

4. Tidak minum alkohol
Hindari pula minum minuman beralkohol karena mengandung kalori tinggi. Studi menunjukkan orang yang tidak minum alkohol dan menerapkan diet mengalami penurunan berat badan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan orang yang minum alkohol.

5. Minum teh
Mulai hari Anda dengan minum teh. Minum teh dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan gula yang bisa menurunkan berat badan. Teh juga mengandung flavanoid yang baik untuk kesehatan.

Selain teh, kopi juga membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran energi dan lemak.

Konsumsi teh dan kopi tanpa gula untuk membantu menurunkan berat badan.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia