Malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat, salah satunya dengan tidur lelap tanpa gangguan apapun.

Rata-rata Anda membutuhkan waktu tidur berkualitas sebanyak tujuh jam setiap malamnya, tapi terkadang insomnia atau sulit tidur malah datang menyerang.

Insomnia memiliki banyak penyebab, salah satunya minuman tertentu yang Anda nikmati pada jam-jam menjelang waktu tidur.

Oleh karena itu, agar tidur tetap nyenyak dan tidak terganggu ketahuilah beberapa minuman yang bisa membuat Anda sulit tidur.

1. Alkohol
Dilansir dari Health, tidak sedikit orang mengatakan bahwa alkohol membantu mereka rileks padahal ini tidak benar sama sekali dan justru akan membuat Anda ketergantungan. Lebih baik mencari cara lain untuk menghilangkan stres dan membuat Anda tidur tanpa bantuan alkohol.

2. Minuman manis
Minuman manis apa pun, termasuk soda, minuman buah, minuman olahraga, dan minuman beralkohol manis di jam-jam sebelum tidur dapat meningkatkan kesulitan tidur. Minuman manis bisa membuat Anda tetap aktif sepanjang malam.

3. Kopi
Kopi mengandung kafein yang membuat Anda tetap aktif bahkan di malam hari. Selain itu, dilansir dari DrinksFeed, kopi bisa memberi Anda energi itulah sebabnya banyak orang merekomendasikan kopi jika Anda ingin tetap terjaga sepanjang malam.

4. Black Tea dan Green Tea
Kedua minuman ini mengandung kafein dan bersifat diuretik. Dilansir dari Everyday Health, green tea dan black tea mirip dengan kopi dan sebaiknya Anda hindari diminum sebelum tidur.

5. Soda
Kombinasi kafein dan gula yang ditemukan di sebagian besar minuman bersoda dapat menyebabkan masalah tidur. Bahkan jika memang tidak mengandung gula, gelembung dari karbonasi dapat membuat Anda tetap terjaga.

Editor: Aron
Sumber: cnnindonesia