Susu merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh karena kaya akan kandungan bernutrisi seperti protein, lemak, laktosa, vitamin, serta mineral.
Kendati demikian tidak semua jenis susu sapi bisa dikonsumsi semua orang. Berikut manfaat susu sapi A2 dan bedanya dengan susu sapi biasa.

Susu sapi biasa atau yang hanya mengandung protein A1, bisa menimbulkan keluhan seperti diare, sakit perut, kentut, sembelit, serta mual dan muntah bagi sejumlah orang. Kondisi ini tidak hanya muncul karena masalah intoleransi laktosa.

Sebagai gantinya, dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono menganjurkan untuk mengonsumsi susu sapi A2 yang dinilai lebih bermanfaat, jika memang tidak terindikasi intoleransi laktosa atau alergi susu.

“Susu sapi yang umum dikonsumsi saat ini mengandung protein beta-kasein A1. Saat dicerna tubuh, protein beta-kasein A1 melepas fragmen atau peptida yang disebut beta-casomorphin7,” papar Fiastuti dalam webinar peluncuran Kin Susu Steril A2, Selasa (15/3).

“Senyawa inilah yang bisa memberi dampak ketidaknyamanan pada sistem pencernaan, misalnya diare, sakit perut, sering buang angin, sembelit, mual dan muntah.”

Sementara, menurut Fiastuti, susu sapi A2 berasal dari sapi spesial yang diseleksi khusus dan hanya memiliki kandungan 100 persen protein A2, tanpa protein A1 sama sekali.

“Komposisi proteinnya sama dengan ASI. Susu sapi A2 memberi dua kebaikan utama, meliputi mudah dicerna dan diserap tubuh, meningkatkan imunitas dan menurunkan proses peradangan,” paparnya.

Dia juga mengatakan bahwa konsumsi susu sapi A2 secara teratur dapat membantu tubuh untuk lebih siap menghadapi situasi kesehatan yang menantang seperti sekarang.

Berikut manfaat susu sapi A2, menurut penuturan Fiastuti.
1. Mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh
Banyak orang memiliki masalah saat mengonsumsi susu sapi. Susu sapi A2 lebih mudah dicerna, tidak membuat perut tidak nyaman dan penyerapan nutrisi dari susu lebih baik dan optimal

2. Meningkatkan fungsi imunitas saluran cerna
Susu sapi yang mengandung beta casein A2 dapat mengoptimalkan pencernaan protein susu sehingga berefek peningkatan imunitas dan penurunan proses peradangan

3. Menggandakan antioksidan
Konsentrat protein Beta Kasein A2 yang diproduksi secara alami merupakan protein yang dapat menggandakan antioksidan Glutathione (GSH) sebagai pelawan penyakit di dalam tubuh

4. Mengurangi risiko terjangkit penyakit serius
Susu Sapi A2 mengurangi kondisi peradangan yang terkait dengan kondisi auto-imun sehingga mengurangi risiko SIDS,asma, obesitas, diabetes tipe 1, dan serangan jantung.

Editor: ARON
Sumber : cnnindonesia