Banyak sekali fitur di Windows yang memungkinkan penggunanya bekerja lebih efektif tanpa bantuan aplikasi lain. Salah satunya membuat tulisan tanpa mengetik di Microsoft Word.
Cara mengetik dengan suara di Word tanpa aplikasi ini sangatlah mudah. Hal ini dapat menunjang pekerjaan atau pembuatan tugas, baik dari siswa, guru, mahasiswa, maupun dosen.

Fitur ini pun dapat digunakan saat Anda mengerjakan hal lain atau sedang lelah mengetik. Akurasinya pun cukup tinggi, asalkan Anda berbicara dengan artikulasi yang jelas dan volume yang tidak terlalu rendah.

Cara Mengetik dengan Suara di Word Tanpa Aplikasi
Cara mengetik dengan suara di Word bisa dilakukan di laptop maupun PC atau komputer dekstop. Sebelum menggunakannya, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut yang berada di Control Panel komputer. Berikut ini caranya:

Buka Control Panel dengan mencarinya di kolom pencarian yang berada di kiri bawah layar komputer;
Ubah tampilan dari Category menjadi ‘Large Icons’;
Caranya, klik View by di pojok kanan atas layar;
Setelah tampilan berubah, klik Speech Recognition’ yang memiliki ikon mikrofon;
Klik ‘Start Speech Recognition’, ikuti setiap langkahnya dengan mengeklik ‘Next’;
Di bagian ‘What type of microphone is Jack Mic (Realtek(R) Audio)?’, pilih ‘Headset Microphone’;
Klik ‘Next’, lalu ucapkan beberapa kata agak keras hingga suara Anda terdeteksi komputer;
Pilih ‘Enable document review’ di halaman ‘Improve speech recognition accuracy’;
Pilih ‘Use manual activation mode’ di halaman ‘Choose an activation mode’;
Klik ‘Next’ hingga proses selesai. Setelah pengaturan dilakukan, akan muncul simbol mikrofon kecil.
Setelah itu, buka Microsoft Word. Klik ikon mikrofon tersebut dan ucapkan kata atau kalimat yang ingin Anda jadikan tuliskan. Ucapan yang disampaikan akan otomatis menjadi tulisan yang tampil di dokumen.

Namun, dikutip dari Microsoft, bahasa yang mendukung untuk cara ini hanya bahasa Inggris dengan aksen Amerika, Britania Raya, Kanada, India, dan Australia. Selain bahasa Inggris, ada juga bahasa Prancis, Jerman, Jepang, Mandarin yang meliputi China sederhana dan China Tradisional, serta bahasa Spanyol.

Untuk menggunakan suara berbahasa Indonesia menjadi tulisan, Anda dapat menggunakan Google Dokumen. Layanan dari Google ini pun gratis. Anda hanya perlu modal internet untuk menggunakannya.

Cara Mengetik dengan Suara di Google Dokumen dengan Bahasa Indonesia
Sebelum memulainya, pastikan laptop atau komputer desktop Anda tersambung ke jaringan internet. Jika menggunakan headset, pastikan mikrofonnya berfungsi dengan baik. Hal ini akan memengaruhi tingkat akurasi ujaran yang dibaca mesin.

Berikut ini cara mengetik dengan suara di Google Dokumen dengan bahasa Indonesia.

Klik ‘Google Docs’ di mesin pencari seperti Chrome, Bing, dan sebagainya;
Masuk dengan akun Gmail Anda;
Pilih salah satu template di halaman Google Docs. Jangan memilih ‘Blank’ atau ‘Kosong’ karena fitur suara tidak akan muncul di pilihan tersebut;
Hapus semua teks yang ada di template pilihan Anda;
Klik ‘Alat’ atau ‘Tools’ di bilah atas halaman Google Dokumen;
Klik ‘Dikte’ atau ‘Voice typing’ yang disertai dengan ikon mikrofon;
Akan muncul fitur dengan simbol mikrofon terpisah dari halaman. Klik ikon tersebut untuk mulai mengetik dengan cara bersuara.
Demikian cara mengetik dengan suara di Word gratis tanpa aplikasi. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan Google Docs atau Google Dokumen.

Editor: ARON
Sumber : cnnindonesia