Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2022 untuk rumah ibadah di Kota Batam. Bantuan kali ini diberikan untuk 109 penerima dari empat  kecamatan di Kota Batam yakni Sekupang, Sagulung, Batuaji dan Belakang Padang.

“Gunakan sebaik mungkin bantuan hibah ini untuk  menyelesaikan pembangunan tempat ibadah di tempat bapak ibu semua,” kata Gubernur Ansar di SMKN 1 Tembesi Kota Batam, Jum’at (4/3/2022).

Penerima bantuan dana hibah kali ini mulai dari masjid, mushala, taman pendidikan alquran (TPQ), rumah tahfidz,  pondok pesantren, badan kontak majelis taklim (BKMT) dan juga yayasan Islam. Juga ada bantuan untuk Persatuan Mubaligh Kota Batam, Ikatan Dai Kota Batam, Ikatan Putra Putri Qori Qoriah serta Hafidz Hafidzah.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar juga telah menyerahan bantuan  kepada tempat ibadah lain di Kota Batam,  seperti untuk agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu, dengan total penerima 290 rumah ibadah.

Satu persatu dari sebanyak 109  penerima bantuan, kemudian maju menerima secara simbolis plakat bantuan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dengan didampingi Staf Khusus dan Kepala OPD Pemerintah Provinsi Kepri.

Menurut Gubernur Ansar, berbagai bantuan-bantuan yang bersumber dari APBD termasuk dari Pemerintah Provinsi Kepri sengaja kita percepat di awal tahun. Dengan harapan bantuan yang bersumber dari anggaran APBD  ini, bisa membantu menggerakan perekonomian masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden RI Joko Widodo yang meminta mempercepat penyaluran dan bantuan yang bersumber dari dana pemerintah, guna mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat, sekaligus membantu mepercepat berputarnya kembali roda perekonomian pasca pandemi.

Tujuan lain dari kita memberikan bantuan pada awal – awal tahun, juga agar bapak ibu semua penerima bantuan, untuk bisa mempertanggungjawabkan penggunannya. Karena dana bantuan yang bersumber dari anggaran pemerintah harus dipertanggungjawabkan penggunannnya.

“Jadi gunakan bantuan sebaik mungkin dan  pertanggungjabawakan juga dengan sebaik baiknya,” pinta Gubernur Ansar.

Bantuan dana hibah untuk rumah ibadah kali ini juga tidak lepas dari bantuan teman teman dewan, yang menerima aspirasi sekaligus mengakomodir untuk membantu perbaikan tempat ibadah.

“Jadi bapak ibu semua juga harus berterima kasih kepada bapak bapak dewan,” imbuhnya.

Provinsi Kepri, kata Gubrnur Ansar, juga terus berupya melakukan berbagai pembangunanan yang menjadi tanggungjawab kita. Termasuk pembangunan yang dilakukan di semua kabupaten/kota. Baik pembangunan infrastruktur, pendidikan hingga sarana prasarana kesehatan.

“Saya berprinsip pembangunan harus dilakukan secara merata di semua kabupaten/kota. Bahkan khusus di Kota Batam, kita berencana akan membangun rumah  singgah yang nantinya bisa dipakai suadara kita dari pulau-pulau yang mungkin ada keperluan seperti berobat di Batam,” jelasnnya.

“Intinya, meski kita ada keterbatasan dalam anggaran, tapi pembangunan harus terus kita lakukan, dengan mengedepankan pemerataan pembangunan disemua kabupaten/kota,” tutupnya.

Editor: ARON