Mata gatal disebut sebagai salah satu gejala Covid-19 varian Omicron. Benarkah demikian? Berikut penjelasan ahli soal mata gatal gejala Omicron.

Covid-19 varian Omicron diketahui memiliki gejala yang hampir mirip dengan flu biasa yakni demam, batuk, sakit kepala, serta pilek. Selain gejala tersebut, terdapat gejala lain yang disinyalir terkait dengan Omicron, yaitu mata gatal. Berikut penjelasan ahli soal mata gatal gejala Omicron.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa varian Covid-19 sebelum Omicron menyebabkan konjungtivitis alias peradangan berupa mata gatal dan merah.

American Academy of Ophtalmology mengatakan bahwa konjungtivitis bisa diikuti dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan yang terganggu.

Kata Dokter soal Kemungkinan Omicron Dianggap seperti Flu Biasa
Daftar Komorbid Covid-19 Omicron yang Harus Diwaspadai
Dengan itu, para ahli menyatakan bahwa sangat mungkin konjungtivitis atau mata gatal muncul sebagai gejala Omicron.

“Beberapa virus yang menyerang saluran pernapasan memang bisa mempengaruhi area mata,” ungkap pakar penyakit menular dari Johns Hopkins Center, Amesh A. Adalja, seperti dikutip Prevention.

Tatevik Movsisyan, kepala Advanced Ocular Care Service di The Ohio State University College of Optometry, menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covif-19, “adalah virus yang tampaknya memengaruhi banyak sistem.”

Oleh karena itu, Movsisyan pun mengatakan masuk akal jika Omicron dapat berdampak pada mata dan menyebabkan gejala seperti kemerahan, iritasi, dan gatal.

“Dengan virus apa pun, respons tubuh adalah peradangan, yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal,” katanya soal mata gatal gejala Omicron.

Seberapa umum mata gatal menjadi gejala Omicron?
Saat ini, ahli mengatakan bahwa masih belum jelas seberapa umum mata gatal menjadi gejala Omicron.

Pasalnya, konjungtivitis atau mata merah sendiri tidak pernah menjadi gejala umum Covid-19 pada varian sebelumnya.

Misalnya, satu penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menganalisis gejala 1.000 orang dengan Covid-19 dan menemukan bahwa kurang dari 1 persen memiliki mata merah.

“Tidak jelas apakah itu lebih atau kurang umum dengan Omicron tetapi sejauh yang kami tahu sekarang, ini tidak umum,” kata Movsisyan.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami mata gatal?
Jika Anda hanya mengalami mata gatal dan tidak ada gejala yang lain, Adalja mengatakan kemungkinan besar itu disebabkan oleh sesuatu selain Covid-19.

Menurut Adalja, mata gatal karena Covid tidak mungkin terjadi secara terpisah dari gejala lain.

Namun, jika Anda mengalami batuk, hidung tersumbat, dan/atau pilek dengan mata yang gatal, ada baiknya Anda melakukan tes Covid-19 untuk memastikan kondisi yang dialami.

Editor: Aron
Sumber: cnnindonesia