Menparekraf RI, Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengunjungi BTP Tiban guna melihat situasi pelaksanaan SDM Pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan uji coba Travel Bubble, Batam-Bintan-Singapura akan diumumkan pada Senin (24/1/2022) mendatang.

Wacana ini kembali muncul, setelah Presiden Joko Widodo menyetujui rencana pembukaan pintu masuk wisata antara Kepulauan Riau dan Singapura lewat skema travel bubble, walau hingga saat ini masih belum terealisasi secara maksimal.

“Insyaallah minggu depan diumumkan secara resmi (uji coba travel bubble). Regulasinya sedang kita finalkan,” ujar Sandiaga dalan kunjungan kerjanya meninjau Kampus Batam Tourism Polytehnic, Jumat (21/1/2022).

Tidak mengalami perbedaan dengan keputusan sebelumnya, ada 2 kawasan yang disiapkan, yakni Lagoi di Bintan dan Nongsa di Batam.

“Kita akan terus evaluasi. Dengan situasi pandemi yang terkendali kita harapkan pendekatan perluasan secara berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Pada kunjungannya ke kawasan Nongsa, Sandiaga menegaskan kawasan tersebut sudah siap menerapkan travel bubble.

Pada kesempatan yang sama, hal ini langsung dilaporkan kepada Menko Perekonomian.

“Sudah diputuskan oleh Pak Menko akan diumumkan tanggal 24,” ujarnya.

Sandiaga menyebutkan dalam pelaksanaan travel bubble ini, semua keputusan sudah termasuk ke dalam satu paket. Mulai dari kedatangan, kegiatan dan pulang dalam satu gelembung bubble.

“Jadi dalam konsep karantina, akan dibagi secara khusus dari Satgas Covid-19,” katanya.

Ia berharap travel bubble ini menjadi signal kebangkitan ekonomi di Indonesia.

Editor: WIL