Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut lima minuman pemicu kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah senyawa yang mengandung lemak dan disebarkan di plasma darah. Terdapat dua jenis kolesterol yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL.

Kolesterol yang tinggi terjadi saat LDL lebih tinggi dibandingkan HDL.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk bisa berfungsi dengan baik. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Anda bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, meningkatkan serat, dan juga menghindari minuman pemicu kolesterol tinggi.

Berikut lima minuman pemicu kolesterol tinggi.

1. Minuman berkarbonasi atau soda
Minum minuman bersoda juga dapat menaikkan kolesterol. Studi menunjukkan soda merupakan minuman yang mengandung pemanis buatan yang tinggi sehingga ikut berkontribusi pada kenaikan kolesterol.

2. Minum minuman berpemanis buatan
Studi yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association menunjukkan minuman berpermanis buatan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Studi ini mendapati orang dengan kolesterol tinggi minum minuman berpemanis lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki kolesterol normal.

Minuman berpemanis di antaranya minuman kemasan, minuman kaleng, minuman berperasa, dan sebagainya.

3. Minuman beralkohol
Minuman pemicu kolesterol tinggi berikutnya adalah minum minuman yang mengandung alkohol.

Studi menunjukkan minum alkohol yang berlebihan baik sesekali maupun rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

4. Minum kopi tanpa filter
Minum kopi tanpa filter bahkan tanpa menambahkan gula dapat menaikkan kolesterol.

“Hal ini kemungkinan terjadi karena senyawa lipid kopi seperti kafestol yang dihilangkan oleh filter kopi,” ahli kardiovaskular dokter Nicole Harkin, seperti dikutip Eat This, Not That!

5. Milkshake
Milkshake juga dapat menjadi minuman pemicu kolesterol tinggi. Milkshake merupakan minuman yang kaya lemak sehingga bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Setelah mengetahui minuman pemicu kolesterol tinggi, coba mulai ganti minuman ini dengan konsumsi air putih dan minuman lain yang lebih sehat.

Editor: Aron
Sumber: cnnindonesia