Setelah sebelumnya Batam disebut akan memiliki sirkuit balap bertaraf internasional, dalam masterplan pembangunan salah satu sektor pariwisata.

Kini rencana tersebut, tampaknya akan tidak dapat terealisasi, setelah rencana pembangunan sirkuit tersebut direncanakan akan dipindah untuk dibangun di Bintan, Kepulauan Riau.

“Benar rencana pembangunan sirkuit Internasional ini akan dipindah ke Bintan,” jelas Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat ditemui di Pelabuhan Bintang 99 Batuampar, Rabu (19/1/2022).

Perihal pemindahan pembangunan sirkuit tersebut, juga diakuinya telah dibahas bersama dengan Menko Perekonomian RI.

Salah satu alasan kuat mengenai pemindahan sirkuit ini, diakuinya dikarenakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP).

Selain itu, kawasan khusus ini juga memiliki studio pembuatan film m bertaraf Internasional.

“Kebisingan yang akan terjadi pada saat latihan, pertandingan, dan lainnya. Tentu akan menganggu pembuatn film di NDP. Hal ini menjadi konsen khusus, karena kawasan itu juga termaksud kawasan KEK,” lanjutnya.

Dalam rapat yang berlangsung dengan Menko Perekonomian, dalam pemilihan lokasi baru bagi sirkuit internasional ini.

Ansar juga mengakui bahwa pihaknya telah turut membahas grand design sirkuit dengan luas 200 hektare.

“Tapi perlu ditekankan, ini adalah keputusan bersama. Lokasi yang akhirnya dipilih adalah kawasan Bintan Resort, dengan luas 200 ha. Grand design juga sebelumnya telah kita bahas,” paparnya.

Dalam rencana pembangunan, Ansar juga menyebutkan akan ada 8 perusahaan swasta bertaraf Internasional yang akan telibat, dan membentuk satu konsorsium.

Namun ia belum dapat menyebutkan berapa total anggaran yang akan dihabiskan pada proyek ini.

“Kalau tidak ada halangan, Februari ini akan dilakukan ground breaking. Delapan perusahaan swasta akan terlibat, mereka akan bentuk konsorsium. Hal ini juga telah dibahas dengan IMI,” ungkapnya.

Dengan hadirnya sirkuit internasional ini, Ansar juga berharap agar hal serupa dapat dikembangkan di beberapa kabupaten/kota lain di Kepulauan Riau.

Dengan begitu, Ansar mengharapkan agar wisatawan mancanegara (Wisman), yang berkunjung ke Kepri dapat menghabiskan waktu lebih lama.

“Banyak fasilitas internasional disini, tentu akan menambah masa mereka berkunjung ke Kepri. Seperti Bintan yang juga sudah didukung banyaknya resort, dengan fasilitas mewah,” tuturnya.

Editor: WIL