Ketua TP-PKK Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan pelaksanaan vaksinasi booster khususnya pada lansia 60 tahun ke atas.

Adapun target vaksinasi lansia ini untuk sebanyak 200 orang yang akan disuntik vaksin Covid-19 dosis tiga booster yang dibiayai oleh dana APBD Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga Booster ini di berikan untuk kembali  meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19 salah satunya adalah lansia.

“Karena adanya penurunan anti body setelah dilakukan vaksinasi pertama lengkap, sehingga harus diberikan dosis lanjutan untuk kembali meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19.

Dikatakan Dewi Kumalasari Ansar, TP-PKK akan menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Kepri.

“Untuk itu, PKK akan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi dengan menggerakkan kader untuk mensosialisasikan dan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi,” tegas Dewi Ansar pada pelaksanaan vaksinasi yang didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang, dan tim vaksinator Gubernur Provinsi Kepulauan Riau di Asrama Haji, Tanjungpinang, Selasa (18/1/2022).

Pada kesempatan ini juga, TP-PKK Provinsi Kepri akan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepri.

Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam nomor 005/MOU/PKK.kepri/XI/2021 dan nomor 200/MOU-DINKES/XI/2021 antara TP-PKK Provinsi Kepri dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dalam bidang kesehatan.

Maksud kesepakatan bersama ini sebagai dasar melakukan kerjasama daerah dalam rangka menciptakan keterpaduan pembangunan antara daerah dan mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergitas dalam program peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Terakhir, Dewi Ansar menjelaskan Provinsi Kepulauan Riau dinilai berhasil dalam menangani Covid-19, dengan anggaran yang minimum.

“Provinsi Kepulauan Riau juga dikatakan dapat menyelesaikan program penanggulangan Covid-19 dengan baik sehingga mendapatkan peringkat 3 penanganan Covid-19 Nasional,” tegas Dewi Ansar.

Masih Dewi Ansar, Presiden Jokowi juga menargetkan pelaksanaan vaksinasi minimal 70 persen sampai Desember 2021. Namun Provinsi Kepri sudah mencapai target 70 persen di bulan Juni, lalu 90 persen di bulan November dan sekarang sudah 100 persen.

“Berbagai pencapaian ini didapat Provinsi Kepri juga dikarenakan masyarakatnya mampu menolak hoax pada pemberitaan terhadap vaksinasi dan Covid-19,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepri Sardison, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kepri Misni, Kepala Dinas Sosial Kepri Eko Sumbaryadi, anggota TP PKK Kepri, dan para OPD.

Editor: DWIK