Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menegaskan saat ini Batam kembali ke Pemberlajuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Perihal ini dilontarkannya, walau hingga saat ini Inmendagri terbaru mengenai status PPKM tiap Provinsi di Indonesia, masih belum diberlakukan.

“Loh kalian belum tahu, sudah sejak dua hari lalu level PPKM Batam sudah turun lagi ke Level 1,” tuturnya saat ditemui usai meninjau jalan Yos Sudarso, Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya, diketahui bahwa Batam kembali masuk ke PPKM Level 2, sejak data Pekerja Migran Indonesia (PMI) kembali masuk ke data Satgas Covid-19 Kota Batam.

Namun saat ini, data PMI yang terkonfirmasi positif dan tengah mendapat perawatan di RSKI Galang, sudah dikembalikan ke data Satgas Covid-19 Kepulauan Riau.

“Intinya sudah tidak masuk ke data Batam lagi. Kemarin kan level kita naik karena itu. Kalau mau jelas silahkan tanya disana,” tegasnya.

Diakuinya saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kepri hanya 6 orang.

Ia juga menegaskan, keenam pasien ini bukan berada di Batam.

Menurutnya capaian ini patut disyukuri, namun demikian, ia mengingatkan bahwa kerja mencegah penyebaran pandemi masih terus dilakukan.

“Karena pandemi ini masih ada, saya harap kita semua tak lengah. Tetap terapkan protkes seperti biasa,” tutur pria yang menjabat sebagai Kepala BP Batam ini.

Hal ini diharapkan, karena fluktuasi kasus bisa saja terjadi jika seluruh pihak abai protkes.

Selain penerapan protkes, Batam masih gencar melakukan vaksinasi.

“Terkait vaksinasi juga, mari kita sukeskan. Batam sekarang dipercaya untuk melaksanakan vaksinasi booster,” kata dia.

Editor: WIL