Gigi tak hanya sekadar digunakan untuk mengunyah makanan. Terdapat sejumlah fakta menarik tentang gigi yang jarang diketahui.(Foto: Istockphoto/LuckyBusiness)

Gigi tak hanya sekadar digunakan untuk mengunyah makanan. Terdapat sejumlah fakta menarik tentang gigi yang jarang diketahui.
Fakta soal gigi ini dimulai dari kekuatan hingga keunikannya. Fakta-fakta ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah.

Berikut 7 fakta menarik tentang gigi:

1. Enamel gigi bagian terkeras
Dikutip dari Live Science, enamel gigi merupakan bagian terkeras yang dibuat oleh tubuh manusia. Enamel adalah lapisan terluar dari gigi.

2. Setiap gigi unik
Setiap gigi adalah unik. Seperti halnya sidik jari, setiap gigi berbeda pada setiap orang. Oleh karena ini gigi kerap digunakan untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan atau pun mayat yang tak dikenali.

3. Gigi bisa merasa dingin
Setiap gigi memiliki pembuluh darah dan saraf yang membuatnya bisa merasakan dingin. Jika pembuluh darah atau saraf rusak, gigi cenderung sakit dan tak bisa lagi merasa dingin.

4. Tidak bisa memperbaiki diri
Gigi adalah satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang tidak bisa menyembuhkan diri sendiri. Oleh karena itu, kesehatan gigi mesti dijaga.

5. Enam gigi bungsu
Kebanyakan orang dewasa memiliki empat gigi bungsu. Namun faktanya, setiap orang bisa memiliki enam gigi bungsu.

6. Ada 300 bakteri
Plak yang terdapat di gigi dapat mengandung 200-300 bakteri yang berbeda dan membahayakan kesehatan gigi.

7. Dalam setahun 24 jam menggosok gigi
Menggosok gigi yang benar kira-kira membutuhkan waktu 2 menit. Dalam sehari, maka perlu waktu 4 menit untuk menggosok gigi di pagi dan malam hari. Itu artinya dalam setahun, Anda menggosok gigi selama 24 jam.

Editor: Aron
Sumber: cnnindonesia