Ilustrasi peluang usaha. Foto: Shutterstock

Peluang usaha merupakan istilah yang seringkali muncul dalam dunia bisnis. Dalam hal ini, setiap orang memiliki peluang usaha untuk mencapai tujuan tertentu.

Peluang usaha terdiri dari dua kata, peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya yang dimiliki. Sederhananya, peluang usaha adalah suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan.

Tujuan Peluang Usaha
Dalam hal tujuan dari peluang usaha adalah untuk mencapai keinginan, yaitu dapat berupa keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut seseorang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Sumber daya tersebut mencakup segala sesuatu yang dapat menunjang kegiatan usaha. Di antaranya uang atau modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain.

Ciri-ciri Peluang Usaha
Seorang wirausaha juga harus memiliki pola pikir tentang seperti apa peluang usaha yang potensial. Berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang potensial, dilansir dari Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Untuk SMA Kelas XI oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, antara lain:

1. Memiliki nilai jual.

2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata dan bersifat nyata.

3. Usaha tersebut mampu bertahan lama di pasar.

4. Tidak menghabiskan modal karena terlalu besar investasinya.

5. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri.

Namun, tidak semua peluang yang muncul di hadapan kita, bisa dilakukan. Dibutuhkan analisis peluang usaha terlebih dahulu. Analisis peluang usaha dilakukan untuk mengetahui berbagai kemungkinan dan berbagai macam kesempatan usaha, mana yang bisa dilakukan dan bisa memberikan keuntungan dengan berbagai tingkat risiko yang akan dihadapi.

Untuk dapat menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus dapat berpikir secara positif dan kreatif, seperti:

1. Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan.

2. Mau menerima gagasan atau ide-ide baru.

3. Memiliki semangat kerja yang tinggi.

4. Mampu berkomunikasi dengan baik.

5. Bertanya pada diri sendiri.

6. Mau mendengarkan saran orang lain.

Tak hanya itu, peluang usaha juga harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai peluang usaha hilang begitu saja hanya karena kecerobohan semata. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan antara lain meneliti luas usaha yang dipilih, bentuk usaha, jenis usaha yang ditekuni, mengenal informasi usaha yang diterima, dan memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan.

Editor: ARON
Sumber: detikedu