Ilustrasi memiliki gangguan pada mata. Foto: Shutterstock

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena indera penglihatan ini memiliki peranan vital bagi manusia menjalani kehidupan.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya kesehatan mata tetap terjaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayuran.

Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan beragam asupan vitamin dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Untuk mencegah penyakit mata dan gangguan penglihatan, diperlukan asupan nutrisi seimbang dari sayur untuk menghambat perkembangan penyakit dan gangguan pada mata.

Dilansir dari Medical News Today, berikut ada beberapa rekomendasi sayuran yang baik untuk kesehatan mata.

1. Wortel
Sayuran berwarna oranye ini sudah sangat populer dan banyak dipercaya bisa menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan wortel mengandung tinggi vitamin A dalam bentuk beta karoten (karotenoid) yang berperan menjaga penglihatan tetap tajam.

Tidak hanya berfungsi bagi mata, kandungan antioksidan pada wortel dapat melepas radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

2. Bayam
Bayam biasanya dikaitkan sebagai makanan yang mampu memberi energi. Akan tetapi, sayuran berdaun hijau ini juga mempunyai manfaat lain untuk menjaga kesehatan mata.

Merujuk Insider, bayam mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi seperti pada mata. Kedua senyawa itu bertanggung jawab melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Dengan perbanyak konsumsi makanan tinggi lutein dan zeaxanthin, risiko terkena penyakit penyakit mata kronis seperti katarak bisa ditekan.

3. Kale
Sama seperti bayam, daun kale termasuk sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena kaya akan lutein, zeaxanthin, serta vitamin A dalam bentuk beta karoten.

Kebaikan nutrisi yang dimiliki daun kale ini sangat berguna dalam mencegah penyakit mata terkait usia yaitu katarak dan degenerasi makula, seperti dikutip dari Healthline.

Dalam 100 gram kale atau sekitar 1 cangkir, mengandung 11,4 mg lutein dan disarankan untuk mengonsumsinya minimal 10 mg per hari.

4. Sawi Hijau
Kandungan vitamin A dalam sawi hijau dinilai lebih tinggi dibanding bayam. Bahkan, sawi hijau juga kaya vitamin C daripada jeruk atau sejenis buah sitrus lainnya, merujuk WebMd.

Dua karotenoid pada sawi hijau yaitu lutein dan zeaxanthin, sudah disebutkan seperti sebelumnya yang sama-sama baik untuk mencegah gangguan penglihatan.

Sawi memang memiliki banyak varietas. Salah satunya sawi hijau yang lebih banyak ditemui dan baik untuk konsumsi sehari-hari.

5. Brokoli
Antioksidan yang ditemukan dalam brokoli menjadi sumber utama dalam mencegah kebutaan.

Hal ini berdasarkan hasil studi dari peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins yang menemukan senyawa sulforaphane, sebagai antioksidan alami dalam brokoli.

Sulforaphane juga mampu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari atau ultraviolet. Sebab, sinar UV ini rentan merusak sel-sel di retina mata sangat sensitif.

Dengan banyak mengonsumsi sayuran yang baik untuk kesehatan mata, kecil kemungkinan risiko mata rabun jauh atau minus terjadi.

Selain menjaga asupan makanan tinggi Vitamin A, kebiasaan seperti menatap layar gadget, tv, elektronik yang terlalu lama perlu dikurangi supaya kesehatan mata lebih optimal.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia