Ilustrasi Foto: iStock

Bekerja keras mungkin bisa membuat orang punya banyak uang. Tapi untuk menjadi kaya, kadang dibutuhkan lebih dari sekadar kegigihan usaha. Mereka yang sukses menyandang status miliuner dengan usaha sendiri umumnya memiliki kemampuan dan kecerdasan untuk membuat keputusan dengan baik.

Menurut penulis finansial David Rae, berikut sembilan hal yang bisa bikin kamu susah jadi multimiliuner.

1. Tak Bisa Bedakan Gaji Tinggi dengan Jadi Kaya
Kepada Forbes, David menjelaskan bahwa membedakan antara bergaji tinggi dan menjadi kaya adalah hal pertama yang bisa dilakukan untuk jadi kaya raya. Dua hal yang berbeda, menurutnya banyak orang di dunia yang berpenghasilan miliaran tapi tidak bisa memanfaatkannya untuk menjadi kaya, biasanya karena terlibat utang atau mengadopsi gaya hidup mewah.

Sedangkan untuk menjadi kaya apalagi menyandang status miliuner, umumnya dibutuhkan kemampuan berinvestasi dan mengambil keputusan finansial dengan baik.

2. Menunggu Kaya untuk Investasi
Salah satu hal yang dikatakan bisa jadi penghambat kekayaan adalah menunggu untuk berinvestasi. Kebanyakan orang sudah mengerti bahwa investasi penting untuk melipatgandakan aset yang kita miliki tapi banyak orang merasa belum siap untuk memulainya sampai mencapai titik tertentu. Pakar menyarankan bahwa investasi baik dimulai sedini mungkin sesuai dengan kemampuan.

3. Gaya Hidup Melebihi Gaji
Bukan rahasia lagi jika gaya hidup mewah adalah penghalang seseorang jadi miliuner. Kamu mungkin bisa kaya dan terlihat kaya dengan memakai barang-barang mewah. Tapi terlalu banyak membeli kemewahan justru bisa menyesatkan apalagi jika kamu sampai berutang.

4. Buang-buang Uang dengan Berutang
Beberapa orang mungkin memang dihadapkan dalam kondisi harus meminjam uang. Tapi tak semua hal patut beli dengan berutang. Apalagi jika barang tersebut tidak punya nilai investasi dan hanya dilakukan karena ingin memiliki. Disebut buang-buang uang karena biasanya kamu harus bayar bunga bahkan dendanya yang bisa digunakan untuk kepentingan lain.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Selain gaya hidup mewah, kebiasaan tidak sehat juga menjauhkan kamu dari status miliuner. Sebuah studi mengungkap jika 98% miliarder bisa dianggap cukup sehat dan mengutamakan kesehatan. Kamu tak perlu menunggu punya banyak uang untuk mencoba hidup sehat, mulailah dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

6. Salah Prioritaskan Pengeluaran
Salah satu hal yang dibutuhkan untuk jadi miliuner adalah mengatur keuangan. Meski sudah kaya, memprioritaskan pengeluaran tetap diperlukan sehingga kamu tidak buang-buang uang. Mengelola uang dengan baik akan memudahkan kamu untuk mencapai tujuan finansial yang lebih lebih berarti.

7. Bekerja di Bidang yang Salah
Semua pekerjaan memang baik. Tapi ada beberapa bidang kerja yang umumnya menghasilkan penghasilan lebih tinggi dan meningkatkan kesempatan kamu jadi miliuner. Menurut David, cara paling mudah menghindarinya adalah bekerja di bidang yang disuka. Bekerja di bidang yang dibenci umumnya berisiko menghambat perkembangan karier.

8. Salah Pilih Pasangan
Salah pilih pasangan mungkin adalah sebuah pembelajaran hidup yang bisa saja membawa hikmah. Tapi hal itu patut dihindari karena bisa jadi memakan biaya. Selain perceraian, pasangan yang salah bisa membuat kamu memilih keputusan finansial yang merugikan.

9. Tak Tahu Tujuan Hidup
Semua orang bisa bekerja keras dan memiliki kecerdasan untuk mengambil keputusan finansial. Tapi sayangnya hanya sebagian yang termotivasi untuk memaksimalkan potensi dan kekayaan. Salah satu alasannya adalah tujuan hidup. Mereka yang punya tujuan, minat, dan semangat lah yang umumnya bisa cepat meraih dan mempertahankan kesuksesan.

Editor: ARON
Sumber: detikwolipop