Mulut Kering dapat terjadi karena sejumlah kondisi kesehatan. Ketahui penyebab mulut kering agar pengobatan dapat dilakukan dengan tepat.(Foto: iStockphoto/Cecilie_Arcurs)

Mulut kering sering dianggap terjadi karena kurang minum. Padahal, mulut Kering dapat terjadi karena sejumlah kondisi kesehatan. Ketahui penyebab mulut kering agar pengobatan dapat dilakukan dengan tepat.

Mulut kering dikenal juga dengan istilah xerostomia. Mulut kering terjadi saat kelenjar ludah di mulut tidak membuat air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

Air liur membantu mencegah kerusakan gigi dengan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri, membatasi pertumbuhan bakteri, dan membersihkan makan. Air iur juga membantu dalam merasa mencerna makanan.

Oleh karena itu, penurunan jumlah air liur yang membuat mulut kering dapat mengganggu kesehatan gigi dan gusi, menurunkan nafsu makan, dan mengganggu pencernaan.

Berikut penyebab mulut kering:

1. Konsumsi obat-obatan
Salah satu penyebab mulut kering adalah  konsumsi obat-obatan. (Foto: iStock/anilakkus)
Menurut Mayo Clinic, penyebab mulut kering paling umum adalah konsumsi obat-obatan. Terdapat banyak obat yang memiliki efek samping membuat mulut kering. Biasanya terdapat pada obat hipertensi, antihistamin, dekongestan, dan obat nyeri.

2. Penuaan
Orang tua lebih berisiko mengalami mulut kering. Sejumlah faktor yang berkontribusi di antaranya penggunaan obat-obatan, perubahan kemampuan tubuh, nutrisi tidak memadai, dan masalah kesehatan yang menurun.

3. Kerusakan saraf
Mulut kering juga bisa disebabkan oleh kerusakan saraf di area kepala dan leher. Kerusakan saraf umumnya terjad karena cedera atau operasi.

4. Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes,stroke, sariawan, Alzheimer, penyakit autoimun, dan HIV/AIDS juga dapat membuat mulut kering.

5. Ngorok
Mendengkur saat tidur juga merupakan penyebab mulut kering. Mendengkur membuat mulut terbuka sepanjang malam dan produksi air liur pun akan berkurang.

6. Merokok, alkohol, narkoba
Konsumsi alkohol, merokok, dan narkoba juga dapat menimbulkan gejala mulut kering. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok, alkohol, dan narkoba bereaksi pada tubuh salah satunya memengaruhi produksi air liur.

7. Terapi kanker
Terapi kanker seperti kemoterapi dapat memengaruhi produksi air liur. Selain itu, perawatan radiasi pada kepala dan leher juga dapat memengaruhi kelenjar ludah.

Itulah penyebab mulut kering. Jika Anda mengalami mulut kering konsultasikan pada dokter untuk bisa mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab yang dialami.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia