Ilustrasi pesawat terbang. (iStock)

Lebih dari 100 penumpang yang baru tiba di kota Amritsar, India, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Para penumpang ini terbang dengan pesawat charter dari Italia.

Seperti dilansir BBC, Jumat (7/1/2022), otoritas kesehatan setempat menuturkan bahwa sedikitnya 125 penumpang dinyatakan positif Corona setelah mendarat di Amritsar pada Rabu (5/1) sore waktu setempat. Otoritas setempat akan menempatkan para penumpang yang positif Corona itu dalam karantina.

Disebutkan lebih lanjut bahwa terdapat 179 penumpang di dalam penerbangan charter rute Milan, Italia menuju Amritsar, India.

Tes Corona lanjutan dilakukan setelah pesawat mendarat di Amritsar, dengan penumpang anak-anak dan bayi dikecualikan. Dari 160 penumpang yang menjalani tes Corona, sekitar 125 orang di antaranya dinyatakan positif Corona.

Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah ambulans mengantre di luar bandara untuk mengevakuasi para penumpang yang positif Corona. Kerumunan orang terlihat di luar pintu masuk bandara setempat.

Situasi ini terjadi ketika India melaporkan lebih dari 90.000 kasus Corona dalam sehari, pada Kamis (6/1) waktu setempat. Angka itu tercatat melonjak nyaris enam kali lipat dibandingkan hari yang sama sepekan lalu, yang menurut pakar setempat disebabkan oleh varian Omicron yang menyebar cepat.

Otoritas kesehatan setempat juga melaporkan tambahan 325 kematian dalam sehari, namun hanya satu kematian yang berkaitan dengan varian Omicron.

Para pejabat setempat menyebut varian Omicron kini menjadi varian yang dominan di kota-kota India dan acara perkumpulan massa harus dihindari.

Beberapa negara bagian seperti Maharashtra, Benggala Barat, New Delhi, Kerala, Tamil Nadu, dianggap sebagai ‘negara bagian yang menjadi perhatian’, dengan kenaikan tajam dalam kasus mingguan dan angka positif Corona.

Secara total, India sejauh ini mencatat lebih dari 35 juta kasus Corona, dengan sekitar 482.000 kematian.

Editor: ARON

Sumber: detiknews