Ilustrasi Kunyit. F.Ist

Kunyit seringkali kita temui sebagai bahan masakan atau bumbu dapur. Namun, tahukah Anda kalau kunyit memiliki segudang manfaat lain, mulai dari kecantikan sampai pestisida alami?

Kunyit sendiri sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain berguna untuk memberi warna, kurkumin juga disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebelum membahas mengenai apa saja manfaat kunyit, ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram kunyit:

  • 10 gram protein
  • 2 gram kalium
  • 299 miligram fosfor
  • 208 miligram magnesium
  • 168 miligram kalsium
  • 55 miligram zat besi
  • 1 miligram vitamin C

Selain kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antimikroba yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sederet Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Dari kandungan nutrisi yang dimiliki kunyit, ada banyak sekali manfaat kunyit yang bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh, mulai dari meredakan gangguan pencernaan hingga manfaat lainnya. Yuk catat manfaat kunyit berikut ini!

1. Mengatasi Peradangan

Zat aktif kurkumin pada kunyit berperan sebagai senyawa antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Terdapat kurang lebih 200 miligram kurkumin pada satu sendok teh parutan kunyit atau kunyit bubuk.

Kurkumin pada kunyit diyakini mampu memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi pada tubuh. Kurkumin bekerja untuk mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami pada kelenjar adrenal.

Berbagai hasil uji penelitian praklinis di The AAPS Journal mengungkap sejumlah manfaat kunyit yang menjanjikan untuk penyembuhan berbagai penyakit terkait peradangan, mulai dari kanker, kardiovaskular, diabetes, radang sendi, sindrom koroner akut dan aterosklerosis. Namun, hingga sekarang masih belum ada penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti terkait manfaat kunyit sebagai anti radang.

2. Meringankan Nyeri Saat Menstruasi

Para perempuan pasti sudah tidak asing lagi dengan jamu kunir asam yang memiliki khasiat untuk bantu meredakan nyeri saat haid (PMS). Ternyata manfaat ini bukan hanya katanya-katanya saja loh! Kandungan kurkumin pada kunir memang bermanfaat sebagai pereda nyeri alami (analgesik).

Kurkumin pada kunyit bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim yang menjadi penyebab perut kram saat menstruasi. Kurkumin juga bertugas untuk mengurangi aliran masuknya ion kalsium pada sel-sel epitel pada rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang memberikan rasa sakit dan peradangan.

Manfaat kunyit sebagai pereda nyeri haid diperkuat oleh efek antioksidan tannin, saponin, sesquiterpenes, phlobatannin dan alkaloid yang mampu menenangkan kontraksi rahim. Walaupun begitu, beberapa ahli menyarankan agar perempuan tidak mengonsumsi kunyit saat pendarahan menstruasi tergolong berat.

3. Mengurangi Rasa Mual

Manfaat kunyit selanjutnya adalah bisa mengurangi rasa mual. Sebuah penelitian pada jurnal Food tahun 2017 mengatakan bahwa menambahkan lada hitam dapat bantu manfaat kunyit ini lebih terasa maksimal.

Ketika dikonsumsi, kandungan kurkumin pada kunyit sebenarnya lambat untuk diserap ke dalam aliran darah. Sehingga membuat Anda bisa saja kehilangan khasiatnya. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa piperin pada lada hitam mampu tingkatkan penyerapan kurkumin hingga 2 ribu persen lebih cepat.

4. Meredakan Rasa Gatal di Kulit

Ternyata, manfaat kunyit lainnya bisa membantu untuk meredakan rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronis. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali dalam sehari selama 8 minggu.

Kombinasi produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam ini mampu meredakan rasa gatal secara efektif.

5. Mengobati Gejala Penyakit Maag

Kunyit sudah sejak lama digunakan sebagai gangguan pencernaan alami. Maka, salah satu manfaatnya adalah mampu mengatasi gejala penyakit maag kambuh. Anda bisa menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan rasa nyeri.

Penelitian pada jurnal Pharmacognosy Reviews telah mengamati efek dari kurkumin sebagai obat peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut. Kurkumin bekerja dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Kunyit mampu membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala penyakit maag. Karena kandungan kurkumin pada kunyit bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

6. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat kunyit untuk masalah pencernaan tidak perlu diragukan lagi. Kunyit dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung yang ditandai dengan buang gas (kentut) secara berlebihan.

Kandungan kurkumin pada kunyit dapat membantu otot-otot pada organ pencernaan tetap bergerak lancar seperti seharusnya dan mengurangi tekanan gas pada perut. Manfaat kunyit lainnya juga mampu menghentikan produksi asam yang berlebih pada lambung yang menjadi penyebab perut kembung.

7. Bantu Redakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Gangguan pencernaan lainnya yang bisa dibantu penanganannya dengan kunyit adalah Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB dalam jangka panjang.

Peradangan ini bisa membuat kontraksi usus yang intens dan terlalu sering mengejang, akibatnya adalah penderita mengalami diare kronis. Sebaliknya, jika peradangan membuat otot usus jarang berkontraksi, maka akibatnya penderita akan mengalami sembelit kronis.

Kunyit dinyatakan aman dan mudah ditoleransi untuk para penderita IBS. Manfaat kunyit untuk IBS adalah mampu mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS. Hal ini berasal dari efek antioksidan dan anti radang pada kurkumin yang mampu bantu melancarkan kerja otot pencernaan.

Selain itu, kunyit juga mampu bantu menyeimbangkan koloni bakteri pada usus dan mengatasi diare yang diakibatkan oleh keracunan. Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya mampu membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh.

8. Bantu Kendalikan Gula Darah

Untuk para penderita diabetes, tidak ada salahnya mencoba pengobatan alami agar gula darah tetap stabil dan terkendali, yakni dengan mengonsumsi kunyit. Kurkumin pada kunyit ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Suplemen ekstrak kunyit dipercaya mampu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah dan membuat gejala diabetes yang lain lebih mudah untuk ditangani. Manfaat kunyit lainnya juga mampu membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang disebabkan oleh peradangan.

9. Mengobati Gigitan Ular

Ada beberapa tanaman obat yang direkomendasikan untuk bantu mengobati gigitan ular, salah satunya adalah kunyit putih. Tanaman ini mampu menetralkan racun gigitan ular karena dapat menghambat aktivitas bisa ular di dalam darah.

Kunyit putih mampu menurunkan efek pendarahan yang terjadi akibat gigitan ular yang jika dibiarkan justru akan berakibat fatal.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Lain-Lainnya

Selain untuk kesehatan, manfaat kunyit juga bisa bantu mengatasi masalah jerawat pada kulit hingga mampu mengusir hama tanaman! Berikut penjelasannya.

1. Bantu Atasi Jerawat

Penyebab jerawat adalah kulit berminyak yang berlebih serta adanya bakteri yang bersarang pada lapisan kulit. Kunyit sendiri memiliki sifat antibakteri yang bisa berfungsi untuk bantu melawan jerawat pada kulit wajah.

Anda bisa mengatasinya dengan membuat masker wajah dari kunyit. Haluskan beberapa kunyit kasturi dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa hingga mendapatkan tekstur pasta. Atau, Anda juga bisa mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan tumbukan pepaya atau yoghurt. Jadikan campuran bahan-bahan tersebut menjadi masker yang didiamkan selama 15 – 20 menit pada wajah.

2. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit terbukti mampu menghambat aktivitas enzim tironase. Hal ini mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi sekaligus dapat menghasilkan sel kulit baru.

Anda bisa menyampurkan kunyit dengan madu dan susu cair dengan perbandingan 2:1:3 untuk mendapatkan manfaat kunyit satu ini. Jadikan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

3. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat kunyit selanjutnya adalah mampu menangani dan menenangkan kondisi kulit tertentu, seperti eksim dan psoriasis. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang mampu memperbaiki kerusakan pada kulit.

Kunyit mampu memperbaiki psoriasis dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan bantu memperbaiki skin barrier.

4. Sebagai Pestisida Alami

Kunyit yang mengandung kurkumin, demetoksikurkumin, dematok-sir kurkumin dan volatile oil bisa digunakan sebagai pembasmi hama, khususnya bagian rimpang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pestisida kunyit alami:

  • Ekstrak kunyit dari 20 gram parutan rimpang kunyit
  • 200 ml urine sapi
  • 2 – 3 liter air
  • 8 – 12 ml deterjen
  • Ember

Caranya mudah, Anda hanya perlu merendam parutan kunyit pada urine sapi, kemudian saring. Tambahkan 2 – 3 liter air setelah itu dan tambahkan juga deterjen. Lalu aduk hinga rata. Silahkan masukkan ke dalam wadah semprotan dan semprot ke seluruh bagian tanaman yang terserang hama pada pagi dan sore hari.

Efek Samping Konsumsi Kunyit

Hingga saat ini belum belum ditemukan adanya efek samping kunyit dalam penggunaan dosis rendah. Pada sebuah penelitian tercatat bahwa tidak ada efek samping serius pada orang yang mengonsumsi kunyit sebanyak 490 mg per hari selama satu minggu.

Walaupun demikian, mengonsumsi kunyit dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan kondisi yang tidak baik pada tubuh. Adapun efek samping yang bisa timbul ketika mengonsumsi kunyit dalam porsi yang berlebih adalah sebagai berikut:

  • Menyebabkan sakit kepala.
  • Memicu gangguan pencernaan seperti kembung, asam lambung dan diare.
  • Menimbulkan ruam pada kulit.
  • Menyebabkan risiko terkena kanker usus dan kanker hati.
  • Menyebabkan keguguran.
  • Memicu anemia pada anak-anak.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, manfaat kunyit untuk kesehatan memang cukup banyak. Namun, Anda tetap harus mengonsumsinya dengan porsi tepat dan tidak berlebihan baik dalam bentuk kunyit segar maupun suplemen.

Jika Anda mengonsumsi suplemen kunyit, pilih produk yang memang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya. Apabila Anda akan mengonsumsi kunyit segar atau suplemen saat sedang melakukan pengobatan, silahkan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mencegah terjadinya interaksi obat dan efek samping.

Editor: ARON
Sumber: cnbcindonesia