Smoothie cocok dikonsumsi pagi saat sarapan ataupun sebagai pengganti camilan. salah satunya campuran kiwi dan timun (Foto: Istockphoto/Lilechka75)

Smoothie yang terdiri atas beragam sayur dan buah bisa menjadi pilihan menu minuman diet sehat. Tak hanya enak, smoothie juga kaya vitamin, mineral, dan serat sehingga cocok dikonsumsi pagi saat sarapan ataupun sebagai pengganti camilan.

Cara membuat smoothies untuk diet ini bisa menggunakan buah dan sayuran apa pun, tanpa tambahan gula. Sebab rasa manis dalam smoothie didapat dari buah yang memiliki manis alami.

Berikut resep dan cara membuat smoothie untuk diet yang enak, sehat, sekaligus mengenyangkan, merujuk Woman’s Day.

1. Smoothie mangga-biji chia
Mencampurkan buah mangga dan biji chia menjadi segelas smoothie akan membuat Anda kenyang lebih lama. Biji chia diketahui kaya serat, sedangkan mangga rendah karbohidrat dan lemak.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, siapkan satu cup buah mangga beku yang dipotong-potong, 1 sendok makan biji chia, dan segelas susu rendah lemak. Anda bisa mengganti susu rendah lemak dengan unsweetened milk.

Blender semua bahan sampai lembut, lalu tuang ke dalam cangkir. Nikmati smoothie mangga-biji chia selagi dingin.

2. Smoothie kunyit-nanas
Smoothie sehat yang satu ini memanfaatkan buah tropis yakni nanas dan mangga dengan campuran kunyit segar.

Senyawa kurkumin dalam kunyit menekan risiko peradangan dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor penyebab obesitas dan kenaikan berat badan.

Cara membuat smoothie diet dengan citarasa khas tropis ini semudah membuat smoothie pada umumnya. Blender potongan buah nanas dan mangga beku, serta 1 ruas jari kunyit segar. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan 1 sendok teh kunyit bubuk.

3. Smoothie bayam-apel hijau
Sayuran hijau seperti bayam bagus untuk diet dan kesehatan. Manfaat mengonsumsi bayam antara lain dapat meningkatkan kekebalan, memperkuat tulang dan jantung, dan masih banyak lagi.

Mencampurkan bayam dengan buah menjadi smoothie adalah ide bagus untuk mendapatkan asupan yang penuh nutrisi. Anda bisa menambahkan apel granny smith atau apel hijau lokal untuk mendapat rasa asam manis.

Campurkan setengah cangkir bayam, satu buah apel hijau yang sudah dipotong-potong, secangkir susu almond tanpa pemanis, setengah buah pisang (opsional) dan sedikit es batu. Blender semua bahan sampai lembut dan siap untuk diminum.

4. Smoothie jahe-jeruk
Untuk meningkatkan energi dan semangat di pagi hari, Anda bisa mencoba smoothie jahe ini. Jika biasanya jahe dikonsumsi sebagai minuman hangat, jahe sebagai campuran minuman dingin nyatanya tak kalah nikmat.

Kandungan dalam jahe dapat menekan nafsu makan, merangsang pencernaan, dan mengurangi peradangan, yang semuanya itu dapat membantu proses penurunan berat badan.

Campurkan seruas jahe dengan 1 buah jeruk segar, 2-3 sendok makan wortel yang sudah diparut, dan sedikit perasan lemon. Blender semuanya sampai merata. Smoothie sehat siap disantap.

5. Smoothie kacang-bluberi
Smoothie kacang bluberi bisa menjadi ide sarapan praktis dan tinggi protein. Anda bisa menggunakan selai kacang dalam resep smoothie ini. Selai kacang dipercaya membuat kenyang lebih lama. Efek mengenyangkan didapat dari kandungan lemak dan protein yang ada di dalam kacang.
Cara membuat smoothie untuk diet ini sangat mudah. Siapkan 1 cup bluberi beku sehingga Anda tidak perlu menambahkan es batu tambahan. Buah yang masih beku juga akan membantu mengentalkan smoothie.

Kemudian tambahkan 1 buah pisang ukuran sedang, 1 cangkir susu rendah lemak, dan 1 sendok makan selai kacang. Blender semuanya sampai tercampur rata.

6. Smoothie kiwi-timun
Smoothie hijau menyegarkan ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang tidak begitu suka minuman dengan sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, atau brokoli di dalamnya.

Smoothie campuran timun dan kiwi ini tidak akan memberikan rasa pahit sama sekali. Cara membuatnya, campurkan potongan buah kiwi dan timun segar, 2 sendok makan madu, dan es batu secukupnya ke dalam blender.

7. Smoothie kefir-buah beri
Smoothie campuran kefir dan buah beri ini cocok dikonsumsi di sela jam makan sebagai camilan sehat. Buah beri membantu menghasilkan asam lemak butirat yang membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kefir kaya akan protein yang meningkatkan pengeluaran energi tubuh dan rasa kenyang lebih lama. Gunakan kefir rendah lemak tawar yang mengandung lebih sedikit kalori dan lemak tak jenuh agar efektif turunkan berat badan.

Anda bisa menggunakan berbagai macam buah beri seperti gojiberi, stroberi, bluberi, dan sebagainya. Blender bersama dengan segelas susu kefir.

8. Smoothie stroberi-kayu manis
Selain memberikan aroma dan cita rasa yang khas, kayu manis juga bisa dicampurkan ke dalam minuman yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kayu manis memiliki efek anti-inflamasi dan membantu pencernaan untuk memproses makanan lebih baik.

Sementara buah stroberi rendah kalori dan tinggi serat yang bagus untuk diet. Rasa smoothie stroberi dan kayu manis yang nikmat dapat memuaskan keinginan ngemil Anda.

Cara membuatnya, siapkan 1 cup stroberi beku, 1 gelas susu rendah lemak atau susu almond, setengah buah pisang matang (opsional), dan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis. Blender semua bahan hingga tercampur rata.

9. Smoothie pisang-cokelat
Jika ingin rasa smoothie yang lezat seperti makanan penutup, Anda bisa mencoba smoothie pisang cokelat. Tak perlu khawatir naik berat badan karena cokelat yang digunakan adalah jenis cokelat hitam dengan kadar gula yang rendah.

Ada banyak cokelat hitam yang dijual di pasaran dengan persentase kandungan cokelat minimal 70 persen. Mengombinasikannya dengan buah pisang yang padat serat dan nutrisi tak akan membuat Anda tersiksa kelaparan.

Cara membuat smoothie untuk diet ini yakni menyiapkan sebuah pisang beku, 1,5 sendok makan cokelat hitam bubuk atau bisa diganti cokelat hitam blok yang sudah dilelehkan, dan satu cangkir susu almond atau bisa diganti susu rendah lemak. Blender semua bahan sampai lembut. Minum selagi dingin.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia