Suasana kericuhan yang terjadi antara supir dan pihak pengaman pelabuhan Batamampar. F.Ist

Para supir kontainer yang tengah beraktivitas di pelabuhan bongkar muat Batuampar, Batam, Kepulauan Riau terlibat cekcok dengan para petugas Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (4/1/2022).

Keributan antar kedua pihak ini, dikarenakan kerusakan di salah satu gerbang, pada Auto Gate System yang kini telah diterapkan di pelabuhan tersebut.

Koordinator Pengamanan Pelabuhan Batu Ampar, Sang Darma Pusa menjelaskan, adanya peristiwa keributan tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Kejadian bermula disaat satu unit kontainer mencoba menyalip antrean, yang cukup panjang saat akan meninggalkan kawasan pelabuhan

“Tiba-tiba nyelonong gitu, satu orang. Dikasih tau sama petugas, mereka nggak terima, dibentak-bentaknya petugas yang jaga di pintu itu,” kata Darma di lokasi kejadian cekcok.

Pada saat terjadi keributan, Ditpam BP Batam yang bertugas di sanapun menghampiri keributan tersebut dan menegur sopir agar tidak membentak petugas karena mereka hanya di bagian pengamanan.

Darma juga mengakui, alasan pihak supir mengeluh dan membentak petugas, dikarenakan antrean dan waktu pengantaran muatan yang harus segera diselesaikan.

“Gerbang ini kan dua, tapi ketabrak tadi malam. Jadi yang rusak itu ditutup, itulah yang bikin antreannya satu pintu. Tapi sekarang sedang kami perbaiki,” ucapnya.

Pantauan di lokasi, suasana di Auto Gate System Pelabuhan Batu Ampar saat ini sudah kondusif. Pintu kedua yang dinyatakan rusak sebelumnya, kini telah bisa dilalui oleh truk kontainer.

Untuk diketahui, Auto Gate System merupakan otomasi kemudahan dalam proses penerimaan dan pengiriman serta efektivitas dan efisiensi dari gate transaksi.

Selain itu hal ini juga meningkatkan sistem keamanan pelabuhan dengan memiliki fitur-fitur yang menjanjikan dan memudahkan pengguna jasa.

Editor: WIL