Sepanjang liburan, banyak orang membebaskan diri untuk makan sepuasnya tanpa memikirkan masalah berat badan. Berikut panduan diet setelah liburan akhir tahun. Foto. freepik

Sepanjang liburan akhir tahun, banyak orang membebaskan diri untuk makan sepuasnya tanpa memikirkan masalah berat badan. Berikut panduan diet setelah liburan akhir tahun.

Selama masa liburan akhir tahun, Anda mungkin dibanjiri sajian menggugah selera dari perayaan Natal hingga pesta Tahun Baru. Mulai dari kue kering, cake, barbecue, soda, dan makanan berkalori lainnya.

Bagi sebagian orang yang punya resolusi tahun baru untuk diet menurunkan berat badan mungkin menganggap hal itu bukan masalah. Toh, bakal mulai diet begitu tahun baru datang.

Tak ayal, beberapa dari mereka melepas beban pikiran soal berat badan naik sepanjang liburan akhir tahun dengan bebas makan sebelum memulai program di tahun baru.

Cara pikir tersebut sah-sah saja, asal Anda tetap bisa menjalankan resolusi program diet tersebut tidak hanya demi berat badan tapi juga kesehatan. Berat badan yang meningkat dikaitkan dengan risiko sejumlah penyakit metabolik seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Agar program diet menurunkan berat badan sebagai resolusi tahun baru berjalan, berikut panduan yang bisa Anda lakukan.

1. Tetapkan target berat badan ideal
Pertama sekali, ukur berat badan Anda. Lalu bandingkan dengan berat badan ideal. Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda tergantung dengan tinggi badan dan jenis kelamin. Anda juga bisa mengukur menggunakan indeks massa tubuh.

Tetapkan target untuk bisa membuat berat banda mencapai kondisi yang ideal. Target akan membuat Anda termotivasi untuk menjalani diet.

2. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang
Konsumsilah makanan bernutrisi seimbang yakni mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Makanan ini penting untuk memenuhi nutrisi tubuh agar tetap.

3. Atur porsi makanan
Atur porsi makanan dengan baik. Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring, 1/3 bagian adalah makanan pokok (setara 150 gram nasi), 1/3 bagian lainnya adalah sayuran (150 gram sayur), 1/3 lainnya adalah gabungan protein dan buah.

4. Olahraga teratur
Imbangi pola makan yang sehat dengan olahraga yang teratur. Olahraga dapat membantu membakar kalori lebih cepat.

Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau dapat dibagi menjadi 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

Pilih olahraga yang Anda sukai agar menurunkan berat badan menjadi lebih menyenangkan.

5. Jangan konsumsi makanan tinggi kalori
Setelah bebas melahap ragam makanan, untuk menurunkan berat badan setelah liburan akhir tahun, coba hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti makanan cepat saji, makanan manis, dan gorengan. Makanan-makanan ini dapat memupuk lemak yang membandel.

6. Cukupi asupan cairan
Asupan cairan penting untuk metabolisme tubuh. Pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap hari. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 8 gelas per hari atau 2 liter air. Konsumsi air mulai dari pagi hari saat bangun tidur, saat beraktivitas, makan siang, sore hari, dan malam hari.

7. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup juga akan membantu menurunkan berat badan. Saat tidur tubuh memperbaiki sel-sel yang sudah rusak. Setiap orang dewasa direkomendasikan tidur 7-9 jam per hari.

8. Kelola stres
Sejumlah studi menunjukkan stres berkaitan dengan kenaikan berat badan. Oleh karena itu kelola stres dengan baik agar berat badan dapat terkontrol. Lakukan aktivitas yang menyenangkan agar tubuh tetap rileks.

Itulah cara menurunkan berat badan setelah liburan akhir tahun serta resolusi tahun baru yang dapat Anda coba. Lakukan langkah-langkah ini dengan konsisten untuk mencapai hasil yang optimal.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia