Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76 tahun 2022 di lapangan upacara Kantor Wilayah Kemenag Kepri, Senggarang, Tanjungpinang, Senin (3/1/2022). Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur Ansar membacakan pidato dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam pembacaan pidatonya, Gubernur Ansar menyebut Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar
72,39 pada tahun 2021,” kata Gubernur.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Gubernur melanjutkan jika di usia yang ke-76, kementerian agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan kementerian agama yang lebih baik.

“Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi.
Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas,” ujar Gubernur.

Pada upacara tersebut pula, Gubernur didampingi dengan Kepala Kanwil Agama Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto, menyerahkan sertifikat halal bagi usah mikro kecil yang difasilitasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepri. Terdapat 8 UMKM yang mendapatkan sertifikat halal tersebut. Diberikan juga bantuan sarana dan prasarana server dan jaringan CBT.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kepala Kejati Kepri Hari Setiyono, Ketua LAM Kepri Abdul Razak, Asisten I Raja Hery Mokrhrizal, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Aiyub, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Agusnawarman.

Editor: DWIK