Sempat unggul, Arsenal akhirnya tumbang saat menjamu Manchester City di Stadion Emirates. (REUTERS/IAN WALTON)

Manchester City menang 2-1 atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Stadion Emirates, Sabtu (1/1) malam waktu Indonesia.

Tim tamu menggedor pertahanan tuan rumah pada menit keempat ketika Gabriel Jesus mencoba menuntaskan kerja sama Kevin De Bruyne dan Bernardo Silva.

Ruben Dias pun memiliki peluang membawa The Citizens unggul pada menit ke-14. Namun skor tak berubah. Dominasi Man City cukup terasa, tetapi kemudian pertandingan berjalan cukup terbuka. Kedua kesebelasan saling mengupayakan membangun serangan secara silih berganti.

Pada menit ke-31 Arsenal mencetak gol. Diawali sebuah rancangan serangan yang terkoordinasi secara rapi dan tidak terburu-buru, Kieran Tierney melepas sebuah final pass yang simpel. Sebuah penyelesaian akhir yang dingin dari Bukayo Saka membuat bola bersarang di gawang Man City yang dikawal Ederson.

Usai unggul, Arsenal sempat memiliki peluang melalui Gabriel Martinelli. Tidak ada gol lagi hingga turun minum.

Man City kemudian menyamakan kedudukan ketika pertandingan babak kedua berjalan 12 menit. Gol berasal dari penalti Riyad Mahrez.

Wasit menunjuk titik putih setelah melihat VAR dan menilai Granit Xhaka melanggar Silva. Kartu kuning pun dikeluarkan untuk Xhaka.

Semenit setelah gol Mahrez, Arsenal hampir mencetak gol kedua. Penyelamatan di dekat garis gawang yang dilakukan Nathan Ake mengeliminasi peluang tersebut.

Drama kembali terjadi pada menit ke-59 atau sesaat setelah peluang Man City, ketika Gabriel Magalhaes mendapat kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan pertandingan.

Hingga 90 menit waktu normal skor tidak berubah. Saat waktu tambahan memasuki menit ketiga, Man City mencetak gol kemenangan melalui Rodri yang memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Laporte.

Man City menang 2-1 dan mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Inggris. Manchester Biru kini mengemas 53 poin, unggul 11 poin dari Chelsea. Sementara Arsenal ada di peringkat keempat dengan 35 poin.

Editor: ARON