Ilustrasi menulis. F.Ist

Pernahkah berpikir untuk menjadikan hobi sebagai ladang cuan? Ternyata beberapa hobi memang bisa mendatangkan cuan, lho. Apalagi jika hobi itu digeluti dengan sungguh-sungguh.

Meski banyak orang menganggap hobi hanya sebatas hiburan menghilangkan penat, namun sebagian lagi menganggap ada hobi yang bisa dijadikan peluang menghasilkan cuan.

Terlebih di awal tahun baru 2022, pasti banyak yang memiliki resolusi untuk menambah lebih banyak cuan. Lantas apa saja hobi tersebut? Berikut rangkumannya.

7 Hobi yang Bisa Datangkan Cuan:

1. Menulis

Tidak bisa dipungkiri bahwa hobi menulis masih akan berpeluang besar mendatangkan cuan di 2022. Bagi mahasiswa yang tertarik bekerja dengan waktu fleksibel, pekerjaan sebagai content writer bisa dicoba.

Kamu bisa mulai menulis dan mengirimkannya ke beberapa media online atau cetak yang bisa menerima tulisan berbayar. Kamu juga bisa menulis di platform pekerja lepas seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer.

Dengan pekerjaan ini kamu tidak perlu khawatir untuk bagi waktu kuliah karena kamu bisa menulis di luar perkuliahan.

Selain itu, ada juga pekerjaan copywriter juga memiliki waktu yang fleksibel. Dengan berkembangnya start up atau perusahaan rintisan maka pekerjaan ini akan terus dicari.

Kamu bisa mencoba pekerjaan dengan basis tulisan ini untuk menambah uang saku sekaligus menambah portofolio pengalaman.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Patut diakui bahwa masa pandemi membuat banyak orang jadi kreatif di rumah. Buktinya adalah banyak kerajinan tangan yang berguna bagi banyak orang dan mendatangkan cuan.

Seperti masker dengan desain tangan, tempat hand sanitizer, kalung masker, tas serbaguna untuk menyimpan alat protokol kesehatan, dan sebagainya.

Nah, buat kamu yang punya hobi ini juga bisa memulainya. Tidak hanya soal pandemi, kamu juga bisa bikin kerajinan tangan dari suatu yang mudah seperti sabun buatan tangan hingga lilin aromaterapi. Bisa juga membuat sebuah barang-barang untuk dekorasi rumah dari sampah bekas.

Ketika sudah jadi, langsung jual kerajinan tersebut secara online atau kamu dapat bekerja sama dengan mitra yang bisa menjual hasil tanganmu.

3. Menggambar

Hobi menggambar juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Untuk setiap desain gambar yang dibuat bisa diunggah di sosial media atau platform berbayar seperti 99design, shutterstock, fiverr, dan lainnya.

Selain untuk media promosi, sosial media dan blog juga merupakan tempat portofolio. Aneka produk desain ilustrasi yang bisa dibuat adalah infografis, gambar ilustrasi, komik, meme, desain promo, karikatur, dan lainnya.

4. Bermain Game

Pada era teknologi, mahasiswa sudah sangat dekat dengan dunia game di gadget. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba berpikir untuk mendatangkan cuan dari hobi ini.

Kamu bisa menjadi penguji game seperti orang-orang di Playtestic atau PlaytestCloud. Kamu juga bisa menjadi pemain pro gamer dan bergabung ke tim-tim esport Indonesia yang sudah semakin berkembang.

Pilihan lainnya, bila kamu suka membuat konten yang menarik dan skill yang kamu tunjukkan sangat hebat, tak ada salahnya menjadi seorang streamer yang menyajikan konten-konten game.

5. Main Musik atau Bernyanyi

Hobi bernyanyi atau bermain musik dapat dijadikan bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Kamu hanya perlu mengunggahnya ke YouTube, TikTok, atau Instagram.

Apabila bisa mendatangkan banyak subscriber atau views, kamu bisa mendapatkan penghasilan, lho.

6. Edit Video

Cukup berada di depan laptop atau HP dan bekerja di kamar, hobi kamu sebagai video editor bisa menjadi pekerjaan menjanjikan. Selain tak perlu khawatir waktu kuliah terganggu, mahasiswa juga bisa mendapatkan uang tambahan yang lumayan besar.

7. Jualan

Buat kamu yang punya hobi bisnis, pekerjaan reseller atau dropshipper adalah salah satu contoh bisnis bermodal minim.

Kamu cukup menjual barang dari produsen dan bisa dipasarkan secara online atau offline. Keuntungan sebagai reseller atau dropshipper bisa diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual ke customer.

Nah, itulah 7 hobi yang bisa hasilkan cuan di 2022. Apakah salah satunya ada hobi Anda?

Editor: ARON

Sumber: detikedu