Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad menggelar rakor penanganan kedatangan PMI menjelang tahun baru 2022.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H.Ansar Ahmad menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan kedatangan PMI menjelang tahun baru 2022 di Provinsi Kepri bersama Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI) Mayjen TNI Fajar Setyawan dan Deputi V BNPB Zaherman Muabe.

Rakor yang berlangsung di Hotel Marriot, Batam, Kamis (30/12/2021) ini juga menghadirkan seluruh pimpinan Forkopimda Kepri dan pejabat instansi terkait lainnya.

Gubernur Ansar memaparkan kondisi kesiapan Kepri dari segi sarana, prasarana dan kemampuan keuangan. Selain itu, juga disampaikan usulan agar penanganan PMI kedepan secara hulu dan hilir.

“Penanganan Covid-19 untuk seluruh Kepri sejauh ini sudah terlaksana dengan baik. Hal itu diperlihatkan tidak adanya masyarakat Kepri yang terkonfirmasi Covid-19. Tinggal lagi penanganan pemulangan PMI dengan  kemungkinan terkonfirmasi Covid-19. Karena hasil test swab PCR masih 5 hari,” ujar Gubernur Ansar.

Untuk mengantisipasi tempat karantina terpadu untuk PMI, Gubernur Ansar menyebutkan akan segera mengaktifkan Asrama Haji dan Bapelkes.

Selain itu, juga diusulkan kemungkinan pemulangan  PMI secara masif dengan menyediakan kapal besar oleh pemerintah pusat. Dengan kapal tersebut, para TKI bisa dibawa ke suatu tempat atau langsung ke  daerah masing-masing sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19.

“Kami berharap kepada Bapak Deputi III BNPB untuk menyampaikan beberapa usulan kami ini kepada Kepala BNPB dan Menko Marves. Sehingga penanganan kepulangan PMI ini bisa kita laksanakan bersama tanpa muncul kasus-kasus Covid-19 yang baru,” harap Ansar.

Sementara itu Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI) Mayjen TNI Fajar Setyawan berjanji akan menyampaikan langsung hasil Rakor tersebut kepada Kepala BNPB agar bisa dengan cepat dilakukan antisipasi dan penanganan secara masif.

“Saya akan sampaikan hasil rakor kita ini agar apa yang diharapkan Pemprov Kepri dalam penanganan pemulangan PMI bisa kita lakukan dengan baik,” kata Fajar.

Editor: ARON