Ada yang bilang bahwa dekorasi ruang tamu menunjukkan siapa Anda sesungguhnya. Konon, karakter seseorang akan terlihat dari ruang tamunya.

Penataan barang-barang yang tepat dan kreatif di ruang yang sempit akan menjadikan lokasi tersebut terasa luas sehingga tamu akan merasa nyaman.

Agar hal tersebut terwujud, ikuti tips dekorasi ruang tamu yang simpel berikut agar ruangan terlihat luas ini.

Ada banyak trik yang bisa dilakukan agar ruang tamu kecil terasa lebih besar dari biasanya. Hal ini akan berkaitan dengan pemilihan warna cat, furnitur, serta penempatannya.

Tips Dekorasi Ruang Tamu yang Simpel
Jangan sedih jika ruang tamu Anda kecil. Ada berbagai keuntungan yang didapat ruangan kecil, mulai dari lebih mudah dibersihkan, lebih mudah diatur, dan lebih mudah dihias.

Berikut ini sejumlah tips dekorasi ruang tamu yang sederhana, bisa dijadikan inspirasi, mengutip Ideal Home.

1. Warna yang terang
Warna cat terang akan menjadikan ruangan terlihat lapang dan cerah. Hal ini pun akan membantu memaksimalkan efek cahaya alami dari matahari.

Sementara itu, warna gelap cenderung menyerap cahaya, membuat ruangan terasa sesak.

Anda bisa memilih warna putih, krem, atau abu-abu untuk menjaga ruangan tetap terang.

Untuk menambah aksen luas, cobalah padu padankan cat dinding yang terang dengan aksen lainnya, menggunakan warna yang lebih terang dari dinding. Dengan begitu, dinding akan tampak lebih jauh ke belakang, membuat ruang tamu terasa lebih besar.

2. Pilih sofa yang tepat
Pemilihan sofa yang tepat jadi salah satu tips dekorasi ruang tamu yang simpel. Sofa netral akan membantu ruangan terasa luas.

Namun, bukan berarti Anda harus memilih sofa berdesain polos. Anda boleh saja memilih sofa bermotif asalkan sesuai dengan tema yang Anda inginkan.

Agar kesan luas tercipta, pilihlah sofa dengan kaki agar lantai terlihat lega.

3. Furnitur multifungsi
Furnitur multifungsi akan memberikan lebih banyak ruang daripada menjejalkan semua barang ke satu ruangan kecil.

Contohnya, gunakan peti yang juga berfungsi sebagai meja, sofa dengan ruang penyimpanan, atau meja lipat.

Selain itu, hindari furnitur tinggi dan besar karena akan menghabiskan ruang dan memberi kesan sesak.

4. Maksimalkan cahaya alami
Tips dekorasi ruang tamu selanjutnya adalah memanfaatkan cahaya matahari secara maksimal.

Pencahayaan alami yang cukup akan membuat ruangan terang dan terasa luas. Pastikan jendela Anda besar, namun privasi di ruang tamu tersebut tetap terjaga.

Untuk membuat pandangan mata lebih enak, taruh sejumlah tanaman di dekat jendela.

5. Ciptakan ruang dengan cermin
Trik lama ini sangat efektif. Anda dapat menciptakan ilusi ruang hanya dengan menambahkan cermin cukup besar di ruang tamu.

Pilih titik fokus dari ruangan yang akan dijadikan ilusi, lalu arahkan cermin ke titik tersebut agar ruang tamu Anda terasa luas.

Cermin juga memantulkan cahaya alami dan buatan untuk membuat ruangan lebih terang saat siang maupun malam.

Salah satu tips efektif, tempatkan cermin di dekat jendela agar pemandangan di luar rumah terpantul. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan lemari bercermin.

6. Buat titik fokus
Buat titik fokus atau area yang akan menarik perhatian di ruang tamu. Misalnya, titik fokus di ruang makan adalah meja, di kamar tidur adalah tempat tidur.

Jika titik itu sudah ditemukan, atur furnitur sehingga area tersebut jadi fokus utama. Hal terpenting, dekorasi di ruangan harus seminimal mungkin. Batasi jumlah aksesor yang tidak fungsional.

7. Skala furnitur
Atur skala furnitur agar sesuai dengan ukuran ruangan. Tempatkan furnitur yang lebih besar di dinding sehingga ruang terlihat lebih besar.

Jangan tempatkan furnitur di sekitar atau menutupi jendela karena akan membuat ruangan terlihat sempit.

Itulah tips dekorasi ruang tamu yang simpel agar ruangan terlihat luas. Selamat mencoba.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia