Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau agar masyarakat tak berlibur ke luar negeri. Imbauan tersebut dikeluarkan menyikapi meluasnya kasus COVID-19 varian Omicron di dunia.

Hingga kemarin, Minggu (26/12), kasus Omicron terdeteksi di 115 negara di dunia dengan total mencapai 184 ribu kasus.

“Per kemarin kasus Omicron di Indonesia mencapai 46 kasus. Hampir seluruhnya pelaku perjalanan luar negeri, ada satu dua pekerja Wisma Atlet yang tertular dari yang datang dari luar negeri,” ujar Luhut dalam virtual conference, Senin (27/12).

Meluasnya penyebaran kasus di dunia ini membuat Luhut mengimbau agar masyarakat tak bepergian ke luar negeri bagi yang tak berkepentingan. Terutama apalagi jika tujuannya hanya untuk liburan.

Luhut menyarankan agar masyarakat lebih memilih liburan domestik. Selain aman dari potensi varian baru COVID-19, juga mendongkrak perekonomian domestik.

“Pemerintah kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tidak sesuatu yang benar benar urgent. Jika hanya ingin berlibur pergilah ke berbagai tempat wisata domestik,” tutur Luhut.

“Selain lebih aman dari serangan Omicron, tempat wisata domestik tidak kalah cantik dengan wisata luar negeri. Liburan dalam negeri membantu mengakselerasi pemulihan ekonomi domestik,” sambung Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Editor: ARON
Sumber: kumparan