Selebrasi Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke empat Indonesia ke gawang Singapura. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua.

Bertanding di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021), Indonesia mendominasi sejak awal. Ezra Walian membawa tim Merah Putih memimpin di menit ke-11.

Di akhir babak pertama, Singapura bermain dengan 10 orang. Safuwan Baharudin diusir usai menyikut Rizky Ridho. Namun, tuan rumah bisa menyamakan skor tak lama berselang, lewat Song Ui-young. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Singapura kembali menelan kartu merah usai Irfan Fandi melanggar Irfan Jaya di menit ke-67. Namun, lagi-lagi Singapura bisa bikin gol usai kehilangan pemain, kali ini lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman. Skor menjadi 2-2.

Namun, Indonesia bisa menyamakan skor lagi lewat Pratama Arhan di menit ke-87. Singapura kemudian sempat dapat penalti dua menit berselang, namun Faris Ramli gagal memanfaatkannya. Laga berakhir 2-2 selama 90 menit, dan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa tambahan waktu itu, Indonesia bisa mendapat dua gol. Masing-masing lewat bunuh diri Shawal Anuar dan satu gol dari Egy Vikri Maulana. Skor 4-2 bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan ini membuat Indonesia maju ke final Piala AFF 2020. Skuad Merah Putih tinggal menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bermain Minggu (26/12/2021). Final sendiri akan berlangsung dua leg, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, di National Stadium, Singapura.

Editor: ARON