Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari bersama anak usia 6-11 tahun yang mengikuti vaksinasi.

Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dukcapil Kepri Sardison menghadiri acara vaksinasi kepada 250 anak usia 6-11 tahun di Asrama Haji, Tanjung Pinang, Jumat (24/12/2021).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kepri  menyampaikan bahwa vaksinasi anak usia 6 -11 tahun ini merupakan salah satu upaya melindungi anak-anak Kepri dari Pandemi COVID-19. Selain itu vaksinasi ini juga membantu Pemprov Kepri mencapai target vaksinasi anak dengan menggunakan dosis vaksin Sinovac dosis 1 seperti yang dilakukan kategori remaja, dewasa, ibu hamil dan lansia sebelumnya.

“Sangat diharapkan agar bapak dan ibu mengajak anak-anak di lingkungannya untuk mengikuti vaksinasi dengan anjuran pemerintah ini,” tegas Dewi Ansar.

Dewi Ansar melanjutkan, program vaksinasi ini juga sejalan dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/IX/2021 tanggal 9 Desember 2021 tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Maka pemberian Vaksin COVID-19 jenis Sinovac dosis 1 dinyatakan aman dan harus dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Ini adalah langkah positif dari pemerintah untuk melindungi anak-anak dari Covid-19. Para orang tua nggak perlu takut, karena sebelum pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan screening terlebih dahulu  menggunakan format sesuai petunjuk teknis,” ungkap Dewi Ansar.

Dewi juga mengharapkan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri secara bertahap sampai ke lini terkecil Dhasawisma, dan akan menjadi penggerak dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, kader PKK tetap aktif di wilayah masing-masing dalam penanganan Covid-19.

PKK akan menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi untuk mengajak keluarga-keluarga yang memiliki anak usia 6-11 tahun ikut serta divaksinasi pada pusat pelayanan kesehatan yang tersedia.

“Saya mengapresiasi kader PKK yang terus berkontribusi selama pandemi Covid-19 dalam melayani masyarakat untuk mengatasi pandemi COVID-19,” tambah Dewi Ansar.

Hadir dalam acara tersebut Kadis kesehatan Provinsi Kepri, Ketua Organisasi Wanita Provinsi Kepri, Pengurus TP-PKK Kepri dan kota Tanjungpinang, Kadis Pendidikan Kota Tanjungpinang, perwakilan guru dan komite sekolah, dan tenaga kesehatan, vaksinator dan petugas pelaksana vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Editor: DWIK