Jalan kaki secara rutin dan konsisten dipercaya membantu penurunan berat badan. Namun, dengan sejumlah trik tambahan Anda bisa membakar lebih banyak kalori. (iStockphoto)

Jelang pergantian tahun, banyak orang yang mulai menyusun resolusi di tahun 2022. Salah satu yang masih jadi tujuan paling umum yang ditetapkan banyak orang adalah hidup sehat dan menurunkan berat badan.

Jika Anda telah memutuskan untuk membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan energi di tahun 2022, coba jadikan jalan kaki sebagai bagian dari rencana Anda. Berikut trik jalan kaki yang bantu turunkan berat badan.

Pasalnya, jalan kaki yang konsisten merupakan cara bagus untuk melengkapi upaya penurunan berat badan Anda dan membakar lebih banyak kalori setiap hari.

“Berjalan adalah pilihan ideal dalam hal aktivitas fisik. Ini tidak memerlukan keterampilan khusus – semua orang tahu cara berjalan. Ini berdampak rendah dan aman,” kata Cedric Bryant, president and chief science officer of the American Council on Exercise, kepada Today.

Menurutnya, berjalan adalah cara yang fantastis untuk mulai berolahraga dan membakar lemak segera untuk pemula kebugaran.

Bryant menyarankan berjalan setidaknya 45-60 menit setiap setengah hari untuk benar-benar membuka potensi penurunan berat badan dari jalan-jalan biasa.

Lebih baik lagi, perjalanan Anda yang biasa di sekitar lingkungan tidak harus terasa seperti berolahraga sama sekali. Sebaliknya, anggap berjalan sebagai waktu untuk bersantai dan mengambil napas. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jeda yang bagus dan beberapa gerakan.

“Saya menggunakan berjalan pada tingkat pribadi ketika saya sedang menulis artikel atau mengedit buku-ketika saya terjebak, saya keluar dan berjalan,” tambah Bryant.

Meski berjalan kaki sudah menjadi awal yang baik, ada sejumlah trik tambahan yang dapat Anda terapkan untuk membakar lebih banyak kalori saat berjalan. Apa saja?

Berikut lima trik jalan kaki yang turunkan berat badan.

1. Jalan di siang-sore hari
Sebagaimana dilansir Eat This, Not That!, penelitian mengungkap bahwa tubuh kita cenderung membakar lebih banyak kalori di tengah hari. Studi khusus ini, yang diterbitkan dalam Physiological Reports, melacak sekelompok pria yang kelebihan berat badan saat mereka berolahraga di pagi atau siang-sore hari.

Peserta yang aktif di sore hari akhirnya kehilangan lebih banyak lemak tubuh daripada yang melakukan rutinitas yang sama di pagi hari.

Selain itu, orang yang berolahraga di sore hari juga melihat peningkatan yang lebih baik dalam kontrol glukosa darah dan resistensi insulin.

Jika Anda merasa lesu di sore hari, pertimbangkan untuk minum kopi sebentar sebelum berjalan-jalan. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa menikmati secangkir kopi yang kuat sekitar 30 menit sebelum aktivitas fisik menghasilkan peningkatan laju pembakaran lemak-terutama di sore hari.

“Kombinasi asupan kafein akut dan olahraga dengan intensitas sedang di sore hari tampaknya menjadi skenario terbaik bagi individu yang ingin meningkatkan jumlah lemak yang digunakan selama latihan aerobik terus menerus,” penulis studi menyimpulkan.”

2. Jalan cepat
Jalan cepat disebut selalu membantu dalam hal pembakaran lemak dan kalori. Studi yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menegaskan bahwa kecepatan yang lebih cepat berarti lebih banyak kalori yang terbakar.

3. Ubah kecepatan
Studi yang diterbitkan dalam Biology Letters ini melaporkan bahwa mengubah kecepatan berjalan seseorang dapat menghasilkan hingga 20 persen lebih banyak kalori yang terbakar daripada hanya mempertahankan satu kecepatan.
“Mengubah energi kinetik seseorang membutuhkan lebih banyak kerja dari kaki dan proses itu tentu saja membakar lebih banyak energi,” jelas penulis studi pertama Nidhi Seethapathi.

“Bagaimana Anda berjalan dengan cara yang membakar lebih banyak energi? Lakukan saja hal-hal aneh. Berjalan dengan ransel, berjalan dengan beban di kaki Anda. Berjalan sebentar, lalu berhenti dan ulangi itu. Berjalanlah dalam kurva yang berlawanan dengan jalan lurus,” tambah rekan penulis studi Manoj Srinivasan, profesor teknik mesin dan kedirgantaraan di The Ohio State University.

4. Jalan di tanjakan
Cara lainnya untuk memastikan kalori ekstra terbakar adalah dengan menambahkan beberapa jalan yang menanjak saat berjalan kaki.

Ini mungkin tidak menyenangkan, tetapi upaya ekstra yang dikeluarkan untuk bergerak secara vertikal dapat membantu mempercepat hasil penurunan berat badan.

5. Tambah beberapa latihan
Menambahkan beberapa latihan resistensi ke rutinitas berjalan kaki Anda adalah cara lain yang bagus untuk mempercepat pembakaran lemak.

Setiap lima menit atau lebih, istirahatlah dari berjalan dan lakukan beberapa squat, push-up, atau lunge.

Mengapa meluangkan waktu untuk latihan membangun kekuatan? Latihan ketahanan tidak hanya membakar kalori dan lemak, tetapi orang dengan lebih banyak otot cenderung membakar lebih banyak kalori, bahkan saat tidak melakukan apa-apa.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia