Sejumlah penumpang pesawat berjalan di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/12/2021). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Jumlah penumpang dari luar negeri yang tiba di Indonesia masih terus mengalir di tengah ancaman corona Omicron. 3.000 sampai 4.000 orang tiba dari berbagai negara per harinya.

“Seperti hari ini ada 28 penerbangan dengan 3.400 penumpang (tiba di Bandara Soekarno-Hatta). Nah tes ini yang dilakukan memang sejauh ini terbukti efektif untuk melakukan skrining,” kata Hery Trianto selaku Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19dalam diskusi yang ditayangkan di Youtube BNPB, Kamis (23/11).

Dari sana kemudian ada sejumlah penumpang di beberapa penerbangan yang terdeteksi positif corona saat tiba di Soetta. Seperti yang terjadi 2 hari lalu pada maskapai Turkish Airlines.

“Seperti dua hari lalu kita kedapatan 17 pelaku perjalanan menggunakan salah satu maskapai penerbangan dari Turkish Airline yang kemudian positif COVID-19,” tuturnya.

Sesuai prosedur, semua penumpang positif corona tersebut langsung diisolasi. Hal ini menandakan virus masih ada di mana-mana.

“Mereka segera bisa diisolasi di Wisma Atlet, seperti itu. Jadi ini yang terus dilakukan dan memang karena peningkatan yang cukup signifikan ya jumlah penumpang,” jelas dia.

Editor: ARON
Sumber: kumparan