Thailand mengalahkan Vietnam 2-0. (AFP/Rosian Rahman)

Thailand memetik hasil positif di leg I semifinal Piala AFF 2020. The War Elephants mempecundangi Vietnam dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan di National Stadium, Kamis (23/12/2021) malam WIB, Thailand ungul 2-0. Gol pertama dibukukan oleh Chanathip Songkrasin pada menit ke-14.

Gol itu merupakan buah dari serangan balik cepat. Umpan Thanawat Suengchitthawon gagal diantisipasi oemain Vietnam, Nguyen Phong Hong Duy, malah terjatuh.

Chanathip dalam posisi one-one-one dengan kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, yang mencoba menutup ruang. Bola tendangan Chanathip sempat mengenai Nguyen Manh, tapi tetap masuk ke gawang.

Gol kedua Thailand diciptakan pada menit ke-23. Kerjasama apik dengan Sarach Yooyen diselesaikan dengan jitu oleh Chanathip.

Peluang terbaik Vietnam tercipta pada menit ke-34. Tendangan bebas Nguyen Quang Hai mengenai tiang kanan gawang Thailand.

Di babak kedua, Vietnam terus menggempur pertahanan Thailand untuk mengejar gol. Quang Hai mendapat kesialan lagi pada menit ke-67. Tendangan jarak jauhnya menerpa mistar.

Thailand membuang kesempatan untuk melebarkan jarak. Do Duy Manh melanggar Supachai Chaided di dalam kotak penalti, wasit menunjuk titik putih. Bola eksekusi Chanathip ke tengah gawang bisa di antisipasi oleh Nguyen Manh.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Thailand memetik kemenangan dengan skor akhir 2-0 atas Vietnam. Dengan hasil ini, Thailand sudah setengah langkah menuju final Piala AFF 2020. Mereka akan tetap ke babak puncak kalau cuma kalah 0-1 di semifinal leg II Piala AFF 2020 di National Stadium, Minggu (26/12) malam WIB.

Editor: ARON

Sumber: detikbola