Basarnas Indonesia meluncurkan KN SAR GANESHA 105, kapal baru untuk melengkapi armada laut.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meluncurkan kapal SAR KN GANESHA 105 di Tanjung Ucang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/12/2021).

Armada laut Basarnas ini merupakan kapal kelas I dengan spesifikasi panjang 68 meter lebar 12 meter. Kapal yang dibuat dengan bahan bimetal ini mampu menempuh kecepatan 16 knots.

Dari segi performa, kapal ini mampu membawa 1 unit helikopter tipe Eurocopter AS365 N3 + Dhoupin dan memiliki 1 set sistem DPO yang dapat mengunci posisi koordinat kapal agar tetap stabil pada koordinat yang telah ditentukan.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan, KN GANESHA ini memiliki banyak kelebihan sehingga menjadi salah satu dasar Basarnas melengkapi alat utama SAR di laut. Selain itu juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia dan internasional.

Hadir di acara ini Deputi Bidang Sarana dan Prasarana dan Sistem Komunikasi Marsekal Muda TNI F. Indrajaya, Direktur Sarana dan Prasarana Marsekal Pertama TNI Awang Kurniawan, dan Direktur Kesiapsiagaan Agus Haryono yang didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Slamet Riyadi.

Editor: DWIK