Selain mengatur pola makan, olahraga juga efektif membantu mengurangi gejala asam lambung. Berikut olahraga untuk penderita asam lambung.(Foto: iStockphoto/fizkes)

Selain mengatur pola makan dan konsumsi obat-obatan, olahraga juga efektif membantu mengurangi gejala asam lambung. Namun, tidak semua olahraga bisa dilakukan. Terdapat sejumlah olahraga untuk penderita asam lambung.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Sports Medicine menunjukkan aktivitas fisik dengan intesitas sedang mengurang risiko maag, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko. Namun, olahraga dengan ketahanan dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan gejala asam lambung,

Berikut olahraga untuk penderita asam lambung:

1. Yoga
Gerakan yoga mampu meningkatkan tekanan darah dan menekan produksi asam di lambung. Gerakan ini dapat membantu menenangkan gangguan di perut.

2. Lari atau berjalan
Gerakan sederhana seperti lari atau berjalan 15-30 menit dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Produksi asam lambung pun bisa ditekan dan mengurangi gejala maag.

3. Menari
Gerakan menari juga membantu memperbaiki aliran darah dalam tubuh. Pilih gerakan tarian yang Anda sukai. Misalnya, zumba atau sekadar menari dengan musik up beat di rumah. Aktivitas ini juga menurunkan stres seingga dapat mengurangi gejala asam lambung.

4. Bersepeda
Bersepeda juga bisa mengurangi gejala asam lambung. Pergilah bersepeda ke alam terbuka untuk menghirup udara segar dan meredakan stres.

5. Relaksasi
Peregangan dan relaksasi membantu meredakan gejala asam lambung. Pusat pikiran dan kontrol pernapasan untuk menenangkan tubuh.

Itulah olahraga untuk penderita asam lambung yang efektif mengurangi gejala.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia