Air beras yang berasal dari proses merendam beras ternyata punya banyak manfaat kecantikan. Penggunaannya bagus untuk kecantikan kulit hingga rambut.

Mengutip Healthline (18/12/21), air beras kini semakin diminati sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Air beras disebut bisa menenangkan sekaligus menyamakan warna kult.

Kelebihan lainnya, air beras adalah bahan yang murah dan mudah didapat. Air beras bisa didapat dengan cara merendam atau merebusnya.

Untuk perendaman, cukup rendam beras dalam air selama 30 menit. Kemudian saring untuk mendapatkan sarinya. Atau tampung air cucian beras dan diamkan beberapa saat hingga sarinya mengendap lalu saring. Simpan air beras di kulkas sebelum dipakai.

Berikut manfaat air beras untuk kecantikan kulit hingga rambut:

1. Air beras untuk cerahkan kulit

Banyak situs kecantikan merekomendasikan penggunaan air beras untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda-noda hitam. Air beras bahkan terkandung dalam produk sabun, toner, hingga krim.

Banyak pengguna produk itu mengakui manfaat air beras untuk cerahkan kulit. Di dalam air beras memang ada beberapa senyawa kimia yang bersifat sebagai pigmen pencerah, namun belum ada bukti seberapa efektif pigmen tersebut.

2. Air beras untuk bikin kulit kenyal

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit hingga RambutJangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit hingga Rambut Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

Dalam penggunaannya pada wajah, sebuah studi tahun 2013 menunjukkan air beras bantu memperbaiki kondisi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Air beras yang dipakai adalah yang sudah difermentasi.

Air ini juga disebut-sebut bisa membuat kulit wajah kenyal sekaligus bebas keriput. Keunggulan lainnya, air beras juga bersifat sebagai ‘sunscreen’ alami. Kemudian ada antioksidan di dalamnya yang memiliki manfaat ‘anti-aging’.

3. Air beras untuk atasi kulit kering

Punya masalah kulit kering? Coba atasi dengan bilasan air beras yang bisa mengatasi iritasi kulit akibat bahan sodium laurel sulfate (SLS) yang ditemukan dalam banyak produk kecantikan. Gunakan dua hari sekali untuk mendapat manfaat maksimal.

4. Air beras untuk rambut rusak

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit hingga RambutJangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit hingga Rambut Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

Rambut yang sering di-bleaching biasanya alami kerusakan. Coba atasi dengan cara alami yaitu dibilas pakai air beras. Kandungan inositol di dalamnya bantu mengurangi keparahan kerusakan rambut, termasuk rambut bercabang.

5. Air beras untuk cuci muka

Untuk manfaat toner, coba aplikasikan air beras ke kapas dan usapkan dengan lembut ke area wajah hingga leher. Untuk membersihkan, pijat pelan-pelan ke kulit wajah. Kemudian bilas hingga bersih. Air beras juga bisa dijadikan untuk masker wajah lho! Caranya dengan merendam kertas tisu ke dalam air beras kemudian ditempelkan ke wajah.

Editor: ARON

Sumber: detikhealth