Adele masih menguasai musik populer Amerika Serikat dengan album 30 dan single Easy on Me di tangga album dan lagu Billboard Hot 100, meskipun dibayang-bayangi lagu natal yang semakin ramai.

Menurut data MRC Data yang diberitakan Variety, Senin (13/12) waktu AS, Easy on Me kini berada di puncak Hot 100 untuk pekan ketujuh dengan 85,4 juta kali putaran di radio dan 20,7 juta streaming di Amerika Serikat.

Sementara, album 30 juga menempati posisi nomor satu di tangga album Billboard 200 untuk pekan ketiga dengan penjualan mencapai 193 ribu unit setara album.

Perolehan tersebut turun 33 persen dari pekan kedua. Meski begitu, Variety menyebut penurunan ini tidak terlalu buruk mengingat pada pekan kedua berlangsung momen Black Friday.

Adele resmi merilis album 30 pada Jumat (19/11). Ia memulai album dengan lagu ‘Strangers By Nature’, kemudian ‘Easy On Me’ yang telah terlebih dahulu dirilis sebagai single. Setelahnya ‘My Little Love’ dengan isian suara sang anak, Angelo.

Adele kemudian bergerak ke musik soul dengan Cry Your Heart Out dan Oh My God, beat beranjak naik di Can I Get It dan kembali mendayu di I Drink Wine.

Dalam deskripsi album di Apple Music, album 30 disebutkan menuntut Adele untuk berpikir dan refleksi lebih dalam dibanding sebelumnya. Hal itu karena sisi personal yang begitu kuat dalam album ini.

“Ada momen-momen ketika saya menulis lagu-lagu ini, dan bahkan ketika saya melakukan mixing dan semacamnya, saya seperti merasa ‘mungkin saya tak perlu merilis album ini’,” kata Adele kepada Zane Lowe dari Apple Music.

Sementara itu pada tangga lagu populer Amerika Serikat Hot 100 pekan ini, hanya ada satu lagu baru yang berhasil masuk 10 besar yaitu I Hate U dari SZA. Lagu yang berada di posisi tujuh ini sekaligus menjadi momen pertama SZA masuk sepuluh besar Hot 100.

Lagu tersebut mendulang popularitas setelah viral di TikTok dan sejumlah media sosial lainnya. Lagu ini didengar secara streaming sebanyak 26,7 juta kali dan 484 ribu putar di radio.

Sementara itu, sejumlah lagu natal sudah menghiasi tangga lagu populer sejak pekan lalu. Lagu All I Want For Christmas is You dari Mariah Carey kini berada di nomor dua pada pekan ini.

Kemudian lagu natal lainnya seperti Rockin’ Around the Christmas Tree milik Brenda Lee berada di posisi tiga, A Holly Jolly Christmas dari Burl Ives di posisi lima dan Jingle Bell Rock dari Bobby Helms ada di posisi enam.

Di sisi lain pada tangga album populer, album Red (Taylor’s Version) dari Taylor Swift masih bertahan di posisi dua di Billboard 200. Album rekam-ulang itu menjual 80 ribu unit setara album pada pekan ini, turun 22 persen dari pekan lalu.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia