Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil keluar sebagai juara dunia Formula 1 (F1) 2021 usai menang GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Verstappen memastikan gelar juara dunia pertamanya usai finis paling depan di F1 GP Abu Dhabi. Verstappen mengungguli sang pesaing utama, Lewis Hamilton yang finis kedua dan tempat ketiga ditempati oleh Carlos Sainz Jr.

Verstappen memastikan gelar usai melewati Hamilton di lap terakhir. Kemenangan itu mengunci perburuan gelar yang berlangsung sengit sepanjang musim ini.

Verstappen kini kokoh di puncak klasemen pembalap. Verstappen mengemas total poin 395,5 sepanjang balapan F1 2021.

Verstappen unggul 8 poin atas Hamilton yang harus rela gagal mempertahankan gelar. Sebelum seri terakhir di F1 GP Abu Dhabi, Verstappen dan Hamilton sama-sama mengoleksi 369,5 poin.

Hamilton sebenarnya memulai balapan dengan bagus. Pembalap asal Inggris itu memulai start dari posisi kedua tetapi bisa memimpin balapan setelah melewati Verstappen yang sebenarnya meraih pole position.

Posisi itu mampu terus dijaga oleh Hamilton. Kans untuk mempertahankan gelar juara dunia F1 pun mengemuka andai mampu tetap berada di depan Verstappen.

Keunggulan itu mampu terus dijaga oleh Hamilton sampai pertengahan balapan. Hamilton bahkan bisa sampai unggul 17 detik atas Verstappen.

Memasuki 10 lap terakhir, Hamilton juga masih unggul hingga 12 detik atas pembalap asal Belanda itu.

Namun, jarak itu mampu direduksi oleh Verstappen dan puncaknya ia berhasil melewati Hamilton di lap terakhir untuk finis pertama di Sirkuit Yas Marina.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia