Malam Anugerah Dewan Pers (ADP) 2021 yang diselenggarakan oleh Dewan Pers di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta menjadi miliki Provinsi Kepri, Kamis (9/12/2021).

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad ditampuk maju ke atas podium untuk menerima anugerah sebagai provinsi terbaik se Indonesia dalam hal kemerdekaan atau kebebasan pers tahun 2021.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad foto bersama dengan penerima ADP 2021.

Dibalut batik kuning emas dan celana hitam, dengan bangga Ansar Ahmad menerima anugerah tertinggi dari Dewan Pers tersebut untuk Provinsi Kepri.

“Terimakasih kepada Dewan Pers yang telah menganugerahkan ini kepada Pemerintah Provinsi Kepri. Anugerah ini tentunya kami dedikasikan uituk seluruh masyarakat Kepri, terutama insan pers yang bertugas di seluruh pelosok Kepri,” ujar mantan Bupati Bintan dua periode itu.

Secara khusus Ansar Ahmad juga menyapa seluruh insan pers yang bertugas di daerah perbatasan, baik di Natuna, Anambas, Vietnam, Singapura, Malaysia dan daerah lainnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua Dewan Pers M Nuh.

Ansar menegaskan bahwa sebagai daerah kepulauan, Kepri memiliki 2.408 pulau dan 379 diantaranya berpenghuni. Dengan kondisi ini, dibutuhkan insan pers yang benar-benar total dalam bertugas, terutama dalam memberikan informasi yang benar serta mengedukasi masyarakat. Sehingga upaya mencerdaskan bangsa hingga kepelosok pulau benar-benar bisa diwujudkan.

“Sebagai pilar demokrasi, pers sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi yang valid kepada masyarakat. Sehingga upaya pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, terutama di wilayah Kepri bisa kita wujudkan,” kata Ansar.

Menurut mantan legislator Senayan ini, keberadaan pers juga telah menjadi suatu keniscayaan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

“Kami, Pemerintah Provinsi Kepri akan berkomitmen terus menciptakan kebebasan pers di Kepri. Adapun anugerah ini akan menjadi motivasi bagi kami dalam mewujudkan cita-cita dan komitment tersebut,” kata Ansar.

Sebagai kata penutup dan dalam upaya menjaga budaya resam Melayu, Ansar Ahmad menutup sambutannya dengan dua bait pantun. Pantun spontan yang disampaikan Ansar tersebut mendapat sambutan positif dari audien.

Selain Gubernur Kepri, Dewan Pers juga memberikan penghargaan yang sama kepada Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Kalimantan Timur.

Hanya saja, Kepulauan Riau adalah penerima anugerah kebebasan pers di urutan pertama. Lalu diikuti Jawa Barat serta Kalimantan Timur.

Editor: PARNA