AC Milan tersingkir dari Liga Champions usai menderita kekalahan 1-2 dari Liverpool pada laga pamungkas Grup B, Rabu (8/12) dini hari WIB.

Milan yang membutuhkan kemenangan untuk lolos fase grup, berusaha tampil menekan sejak menit awal. Namun, Liverpool berhasil meredam upaya tuan rumah hingga pertengahan babak pertama.

Kebuntuan di San Siro akhirnya pecah di menit ke-30. Serangan cepat Milan dari sisi kanan berhasil menjebol pertahanan rapat The Reds lewat gol Fikayo Tomori.

Tembakan Alessio Romagnoli dari sudut sempit masih bisa diblok Alisson Becker. Namun, bola liar di depan gawang berhasil disambar Tomori.

Enam menit berselang, The Reds mencetak gol balasan lewat Mohamed Salah. Bola rebound hasil tembakan Aleix Chamberlain yang sempat diblok Mike Maignan berhasil disambar Salah.

Jual beli serangan terjadi di waktu tersisa, namun tak ada gol yang berhasil tercipta. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Liverpool berbalik unggul di menit ke-55. Kesalahan yang dilakukan Tomori di lini belakang jadi bencana bagi Milan. Mane yang berhasil merebut bola langsung melepaskan tembakan keras namun bisa diblok tangan kanan Maignan.

Sayang, bola liar berhasil disundul Origi yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. The Reds unggul 2-1.

Milan berusaha mengejar ketinggalan dengan melancarkan serangan bertubi-tubi. Sayang, usaha yang dibangun I Rossoneri selalu kandas di jantung pertahanan Liverpool.

Pada menit ke-83, Zlatan Ibrahimovic mencoba melakukan tendangan akrobatik namun bola masih melenceng. Semenit kemudian, Franck Kessie mendapat peluang bagus untuk cetak gol dari kotak penalti. Sayang sepakannya bisa diblok Alisson.

Di menit-menit akhir malah Liverpool yang nyaris bikin gol. Akan tetapi, tendangan Alex Chamberlain melambung di atas mistar gawang.

Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Milan otomatis tersingkir dari Liga Champions.

Atletico Madrid jadi tim yang berhak mendampingi Liverpool ke babak 16 besar Liga Champions. Kepastian itu didapat usai mengalahkan FC Porto 3-1.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia