Sodium adalah kandungan yang banyak terdapat di dalam makanan terutama garam. Kementerian kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi sodium atau natrium 2.000 mg per hari atau sekitar satu sendok teh saja. Lebih dari itu, sodium dapat menjadi ancaman bagi tubuh.

Konsumsi sodium yang berlebihan dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal dan sejumlah penyakit kronik lainnya.

Sayangnya, studi menunjukkan rata-rata konsumsi sodium setiap orang lebih dari 3.000 mg per hari. Agar tak berkembang menjadi penyakit, terdapat sejumlah cara mengurangi sodium, tak hanya dengan mengurang asupan garam.

Berikut cara mengurangi konsumsi sodium:

1. Kurangi roti
Roti merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak sodium. Dua lembar roti misalnya dapat mengandung 300 mg sodium.

2. Konsumsi banyak sayur dan buah
Kebanyakan sayur dan buah tidak mengandung sodium. Makanan ini juga kaya akan nutrisi terutama antioksidan yang dapat mencegah penyakit.

3. Gunakan produk segar
Alih-alih memilih produk yang sudah diawetkan atau dikemas dalam botol, sebaiknya pilih produk yang segar. Produk yang sudah dikemas biasanya melewati proses pengolahan dan mengandung sodium yang tinggi.

4. Gunakan rempah
Alih-alih menambahkan garam, sebaiknya gunakan rempah-rempah atau herbal alami untuk memperkaya rasa.

5. Hindari produk instan
Hindari pula konsumsi produk instan seperti mi instan dan oatmeal instan. Produk-produk ini tinggi akan kandungan sodium.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia