Teh menjadi salah satu pilihan minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga didukung oleh produksi teh yang melimpah di Tanah Air. Terlebih, minuman yang biasa disajikan hangat ini memiliki rasa dan aroma khas nan menyegarkan. Minuman berkafein ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, teh disebut-sebut bisa membuat seseorang kembali merasa bahagia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh merupakan minuman sehat. Sejak ribuan tahun lalu minuman ini bahkan sudah menjadi obat alami. Teh yang disajikan dalam keadaan hangat kerap dijadikan pilihan bagi seseorang yang sedang merasa tak enak badan atau sekadar buat menghangatkan tubuh ketika musim dingin melanda.

Menurut National Library of Medicine, kandungan fitonutrien pada teh mampu menghasilkan aktivitas biologis tertentu dalam mendukung kesehatan manusia; seperti halnya mampu melawan alergi, menurunkan risiko beberapa jenis kanker, dan mencegah penuaan.

Tak hanya itu, minum teh juga diketahui bisa membuat seseorang bahagia karena mampu mengurangi stres. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan daun teh; terutama daun teh hijau, merupakan sumber yang kaya akan flavonoid, yakni senyawa bioaktif yang dapat mengurangi stres oksidatif, meredakan peradangan, hingga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Mengutip Karma Kettle, sejak zaman kuno hingga kini, teh memang telah menjadi ramuan yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Ini karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, menambahkannya dengan berbagai rempah-rempah juga dipercaya bisa meningkatkan manfaat teh.

Minum teh dipercaya akan memberikan khasiat meremajakan dan menenangkan. Begitu diseduh, teh akan mengeluarkan senyawa asam amino yang telah terbukti mampu mengurangi stres pada seseorang, atau yang biasa disebut dengan theanin.

Misalnya, penelitian dalam jurnal Nutrients menunjukkan seseorang yang mengonsumsi suplemen theanin secara konsisten memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Terlebih lagi, ketika theanin dikombinasikan dengan kafein, maka akan membantu meningkatkan aktivitas otak serta suasana hati; yang tentu akan meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Menariknya, kandungan theanin ini diketahui hanya ditemukan pada teh kemasan, dan di beberapa jamur yang tidak diperbolehkan untuk dimakan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari teh, termasuk theanin, kamu bisa menyeduhnya dengan air bersuhu 85-100 derajat celsius. Kamu juga bisa menambahkan susu ke dalam teh buatanmu, tetapi pastikan untuk menuangkannya setelah teh terseduh dengan merata dan benar.

Sebab, jika menuangkan susu setelah air mendidih, maka akan membuat pemanasan yang tidak merata, sehingga memengaruhi rasa teh. Jadi, kalau kamu sedang stres atau jenuh, kini teh bisa menjadi pilihan minuman sehat guna mengembalikan suasana hati.

Editor : ARON
Sumber : kumparan